Senin, 22 Juli 2024

Tim Yankes Bergerak

Tuntaskan Tugas, Berharap Warga Pulau Raas Madura Peduli Jaga Kesehatan

Diunggah pada : 20 Mei 2024 22:14:56 50
Tim Yankes Bergerak di Pulau Raas, Madura, Senin (20/5/2024). Foto : Yanu / JNR

Jatim Newsroom – Hari Senin (20/5/2024), adalah hari terakhir Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak yang dikirim Dinkes Jatim ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura bertugas. Dengan jumlah 563 pasien yang merupakan warga Kecamatan Raas, Dinkes Jatim berharap ke depan semoga para warga Pulau Raas sadar untuk menjaga dan peduli akan kesehatan. 

Saat ditemui di sela-sela kegiatan penutupan, Koordinator Tim Yankes Bergerak, Wahyuti menjelaskan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim, dimana mulai Jumat hingga Senin (17-20/5/2024) hari terakhir ini telah melaksanakan seluruh layanan kesehatan bergerak di Kepulauan Raas. 

“Ini momen yang luar biasa bagi kami, karena ini adalah salah satu tujuan dari Pemprov Jatim untuk menggagas program ini, yang menjadi program ikon gubernur sejak 2019, dengan tujuan untuk mendekatkan akses layanan ke wilayah kepulauan, salah satunya Kepulauan Raas. Dan kami berharap semoga masyarakat Raas sama-sama berusaha untuk sadar akan kesehatan, peduli akan kesehatan,” tutur Wahyuti. 

Lebih lanjut, Wahyuti menerangkan, tahun 2024 ini terdapat total 563 pasien warga Pulau Raas yang mendapatkan pelayanan dan tindakan pengobatan secara gratis, baik itu layanan bersifat Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). 

“Dan di hari keempat ini Alhamdulillah kita sudah tuntaskan, jadi ada 563 sasaran yang bisa mendapatkan layanan, baik itu layanan persifat UKP maupun yang UKM,” terangnya. 

Terkait layanan UKP, Wahyuti menyampaikan, layanan yang diberikan adalah sesuai dengan tenaga kesehatan para dokter spesialis dalam Tim Yankes Bergerak, seperti layanan mata, bedah, obgyn, dan THT. 

“Kemudian yang UKM-nya, ini kami juga fokus di beberapa program yang memang membutuhkan pembinaan lebih intens. Salah satunya tentang konseling gizi bagi kesehatan ibu anak dan balita, sosialisasi kesehatan lingkungan, dan satu lagi tentang kesehatan jiwa. Jadi kita fokus di tiga program itu yang untuk UKM-nya,” ujar Wahyuti. 

Setelah tugas Tim Yankes Bergerak tuntas, Wahyuti berharap supaya warga Pulau Raas meningkatkan kesadarannya dalam menjaga kesehatan dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

“Karena kita tidak akan mampu sampai kapanpun kalau layanan difokuskan pada layanan kuratif dengan memberikan pengobatan, akan banyak biaya yang akan kita keluarkan. Ini akan lebih sedikit terhemat kalau bisa kita cegah dari hulunya, jadi preventif dan promotifnya juga harus kita kuatkan,” tukas Wahyuti. 

Maka kepada Tim Promosi Kesehatan, Wahyuti pun berharap, dapat memberikan edukasi ke masyarakat khususnya tokoh masyarakat dan warga Kepulauan Raas. 

“Pulau Raas ini kan unik ya, karena sangat membutuhkan satu figur tokoh masyarakat, baik itu dari tenaga kesehatan maupun tokoh-tokoh masyarakat lainnya, yang bisa memberikan contoh untuk gaya hidup yang sehat itu seperti apa, itu yang kami inginkan. Sebenarnya itu goal yang kami harapkan, jadi semua masyarakat itu sadar akan kesehatannya, kita tidak fokus di kuratifnya, tapi juga mengutamakan upaya kesehatan preventif dan promotif,” harap Wahyuti. 

Diketahui, rincian 563 total pasien yang mendapatkan layanan adalah, bedah (73 skrining, 41 operasi), obgyn (72 skrining, 1 operasi), mata (127 skrining, 81 operasi), THT (51 skrining, 16 tindakan, dan 5 operasi). Sehingga total skrining 323, total tindakan 16, dan total operasi 128.

Tim Yankes Bergerak yang berjumlah 60 ini mendapat dukungan dari RSUD Dr Soetomo, RSUD Haji Jatim, RSUD Dr Saiful Anwar, RSUD Mohammad Noer, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, Organisasi Profesi Kesehatan Tradisional, Dinkes Jatim dan lintas sektor terkait (Dishub, BMKG, dan PT Dharma Dwipa Utama). (vin-yanu/s)

#Kabupaten Sumenep #Dinkes Jatim #Yankes Bergerak #Tim Yankes Bergerak #Pulau Raas #Pulau Raas Madura