Kamis, 18 Juli 2024

Hari Kedua

Tim Yankes Bergerak Beri Berbagai Layanan Kesehatan Gratis Warga Pulau Raas Sumenep

Diunggah pada : 18 Mei 2024 23:56:28 28
Layanan kesehatan Tim Yankes Bergerak, di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Sabtu (18/5/2024). Foto : Yanu / JNR

Jatim Newsroom – Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak yang dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, kini memasuki hari kedua, pada Sabtu (18/5/2024).

Layanan Tim Yankes Bergerak yang diadakan di Puskesmas Raas tersebut, memberikan berbagai macam layanan kesehatan secara gratis. Layanan kesehatan yang diberikan terdiri dari dua macam, yakni layanan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan layanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). 

Layanan UKP terdiri dari, layanan mata (25 operasi katarak, dan 45 operasi pterigium), bedah (skrining 17 dan 22 operasi), kesehatan tradisional 47 orang pasien, layanan obgyn 43 pasien skrining, dan THT (12 pasien skrining dan 1 operasi). 

Sedangkan layanan UKM memiliki peran masing-masing dalam setiap unitnya. Pada hari kedua ini layanan UKM memberi layanan kesehatan jiwa, kesehatan lingkungan, dan gizi. 

Untuk layanan kesehatan jiwa, pada hari kedua ini melakukan validasi data pasien pada aplikasi SIMKESWA, melaksanakan skrining kesehatan jiwa dengan sasaran pasien dewasa beserta pendamping 25 orang, dan pasien anak maupun remaja (santri Ponpes Sirajul Akhyar) 54 orang, kemudian juga memberikan bimbingan kepada Pj.program terkait pencatatan dan pelaporan, dan merekapitulasi hasil skrining. 

Layanan kesehatan lingkungan, pada hari kedua ini melaksanakan sosialiasai kepada 8 kepala dusun, antara lain Dusun Barat embung, Dusun Temor Embung, Dusun Sonok, Dusun Kalosot, Dusun Brakas, Dusun Talango Tengah dan Dusun Talango air sekaligus dengan warga setempat yang hadir dilokasi kegiatan pembuatan jamban sehat. 

Layanan kesehatan juga melakukan praktek lapangan tentang cara pembuatan jamban sehat yang dipimpin oleh Tim Kesehatan Lingkungan Dinkes Jatim, Suyanto. Mengadakan pertemuan dengan kepala desa Alas Malang, bersama perangkat desa yang ingin belajar tentang cara pembuatan jamban sehat, yang dihadiri oleh Tim Dinkes Jatim, Kepala Desa Alas Malang beserta perangkat desanya, Sekdes Desa Brakas, 8 kepala dusun, dan masyarakat Dusun Temor Embung. 

Tak hanya itu, layanan kesehatan gizi pada hari kedua ini juga melakukan penguatan dan monev terhadap program melalui laporan (e-ppgbm) yang diikuti oleh program gizi dan program Promkes. Melakukan kunjungan rumah kepada satu orang balita dengan masalah gizi (pelacakan) lokasi di Desa Alas Malang dengan kondisi gizi buruk. 

Layanan gizi pun, juga melakukan kunjungan rumah kepada 1 orang ibu hamil KEK (pelacakan) di lokasi Brakas Embung Raas, melakukan pemberian PMT biscuit bagi balita dan ibu hamil, dan melakukan penyerahan modul pemberian makan bayi dan anak, kartu konseling, penyerahan asi kit, dan penyerahan LILA untuk puskesmas. (vin-yanu/hjr)

#Pulau Raas Sumenep #Dinkes Jatim #Yankes Bergerak #Tim Yankes Bergerak