Selasa, 23 Juli 2024

Memasuki Hari Ketiga, Tim Yankes Bergerak di Pulau Raas Fokus Tuntaskan Layanan Kesehatan

Diunggah pada : 19 Mei 2024 11:58:59 13
Tim Yankes Bergerak saat memberikan konseling gizi di Pulau Raas, Minggu (19/5/2024). Foto : Yanu / JNR

Jatim Newsroom – Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak yang dikirim Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura pada Minggu (19/5/2024) telah memaasuki hari ketiga. Pada hari ketiga ini, Tim Yankes Bergerak mulai fokus menuntaskan pemberian layanan kesehatan gratis pada masyarakat Pulau Raas yang sudah terdaftar. 

Layanan yang diberikan pada hari ketiga ini, adalah layanan kesehatan lanjutan hasil pemeriksaan skrining dan pengobatan di hari sebelumnya, yakni layanan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan layanan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). 

Layanan UKP berupa layanan spesialistik seperti, mata, bedah, obgyn, THT, dan kesehatan tradisional. Sedangkan untuk UKM, layanan yang diberikan adalah upaya pemberdayaan masyarakat untuk program gizi, kesehatan lingkungan, dan kesehatan jiwa. Adapun jumlah total masyarakat yang mendapatkan layanan sejauh ini ada 563 orang, di hari ketiga Tim Yankes Bergerak fokus menuntaskan pelayanan terhadap seluruh pasien dan masyarakat Kecamatan Raas yang terdaftar dalam program. 

Diketahui, program Pelayanan Kesehatan Bergerak ini merupakan salah satu program icon milik Gubernur Jawa 

Timur sejak tahun 2019. Tim Yankes Bergerak yang dikirim ke Pulau Raas kali ini, berjumlah 60 orang yang terdiri dari para dokter spesialis seperti, spesialis mata, spesialis THT, spesialis Obgyn, spesialis bedah, spesialis anestesi, lalu ada juga perawat, farmasi, dokter umum, CSSD, atem, RO, KGM, Kesling, Kestrad, Promkes termasuk humas, UKM dan tenaga pendukung lainnya. 

Tim ini, didukung oleh RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUD Dr Saiful Anwar Malang, RSUD Haji Prov Jatim, RS Mata Masyarakat Jatim, RSUD Mohammad Noer Pamekasan, Dinkes Prov Jatim, Dinkes Sumenep, OP Kestrad. Semua tenaga di PKM Raas. 

Seluruh rangkaian kegiatan Tim Yankes Bergerak, juga mendapat dukungan oleh Dishub Jatim dengan menghadirkan Kapal Gandha Nusantara 1, BMKG prov Jatim yang selalu memperbarui kondisi cuaca untuk informasi kepada tim, Dinas Kominfo Jatim dan PT Dharma Dwipa Utama. (vin-yanu/hjr)

#Dinkes Jatim #Yankes Bergerak #Tim Yankes Bergerak #Pulau Raas