Selasa, 23 Juli 2024

Dinkes Jatim Kembali Kirim Tim Yankes Bergerak ke Pulau Raas Kabupaten Sumenep

Diunggah pada : 17 Mei 2024 22:37:15 51
Tim Yankes Bergerak, Jumat (17/5/2024). Foto : Yanu / JNR

Jatim Newsroom – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan kembali mengirim Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak Tahun 2024 ini. Pelayanan Kesehatan Bergerak ini merupakan salah satu program  gubernur Jawa Timur sejak tahun 2019. Salah satu Sasaran yang menjadi penerima program layanan kali ini ialah, masyarakat Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura. Program berlangsung di Puskesmas Raas, selama empat hari, dari Jumat hingga Senin (17-20/5/2024). 

Para Tim Yankes Bergerak yang dikirim ke Pulau Raas kali ini, berjumlah 60 orang yang terdiri dari para dokter spesialis seperti, spesialis mata, spesialis THT, spesialis Obgyn, spesialis bedah, spesialis anestesi, lalu ada juga perawat, farmasi, dokter umum, CSSD, atem, RO, KGM, Kesling, Kestrad, Promkes termasuk humas, UKM dan tenaga pendukung lainnya. 

Tim ini didukung oleh RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUD Dr Saiful Anwar Malang, RSUD Haji Prov Jatim, RS Mata Masyarakat Jatim, RSUD Mohammad Noer Pamekasan, Dinkes Jatim, Dinkes Sumenep, OP Kestrad, hingga semua tenaga di PKM Raas, juga diarahkan untuk mendukung kegiatan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini.

Rangkaian kegiatan yankes Bergerak ini juga mendapat dukungan dari Dishub Jatim dengan menghadirkan Kapal Gandha Nusantara 1, BMKG  Jatim yang selalu memperbarui kondisi cuaca untuk informasi kepada tim, Dinas Kominfo Jatim dan PT Dharma Dwipa Utama. 

Dalam agenda Rapat Koordinasi Tim Yankes Bergerak dan Pemetaan Tempat Kegiatan, pada Jumat (17/5/2024), acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Slamet Boedihardjo. Saat ditemui, Ia menyampaikan, pihaknya dari Dinkes Kabupaten Sumenep khususnya Kecamatan Raas merasa diperhatikan dengan adanya program Pemprov Jatim melalui pelayanan kesehatan bergerak yang dipelopori oleh Dinkes Jatim. 

“Besar harapan kami masyarakat di sini (Kepulauan Raas) dengan berbagai kasus penyakit yang sudah diinventarisir, masyarakat di sini mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter spesialis secara gratis. Ini merupakan harapan kami, kebetulan Pak Camat masih baru juga, Puskesmas pun sudah mendapatkan predikat akreditasi,” tutur Slamet. 

Menurut Slamet, berlangsungnya program Yankes Bergerak ini menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik pemerintah provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Sumenep. 

“Di bulan September 2023 kemarin, sebelumnya kami sudah melaksanakan kegiatan ini juga di sini dan ini pertama kalinya diadakan kembali di tahun 2024. Maka, kegiatan ini bersifat lanjutan,” ungkapnya. 

Dengan program Yankes bergerak ini, Slamet mengatakan, terdapat dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat Pulau Raas. “Dampaknya pasti positif karena di tahun 2023 kemarin itu jumlahnya tidak jauh berbeda pasien yang diskrining dengan sekarang,” ujar Slamet. 

“Sekarang targetnya mencapai angka 500 lebih, berarti animo masyarakat sangat positif. Berdasarkan pengalaman 2023 masyarakat merasakan manfaatnya terhadap pelayanan kesehatan oleh tim dokter spesialis melalui program ini,” sambungnya. 

Untuk tahun 2024 ini, Slamet berharap, program Yankes Bergerak tidak hanya satu kali diadakan di Kecamatan Raas. 

“Semoga menjadi rangkaian kegiatan dengan berbagai tahapan. Kami berharap tahapan-tahapan selanjutnya paling tidak dua tiga kali dalam satu tahun ini difokuskan di Kecamatan Raas karena saya yakin masyarakat pasti akan berbesar harapan untuk mendapatkan pelayanan seperti ini,” harapnya. 

Diketahui, hari pertama program ini berjalan total terdapat 252 pasien yang menerima layanan kesehatan. Dengan rincian, skrining mata (katarak 70 dan pterygium 58), layanan bedah 56, pelayan kesehatan tradisional yang dilayani 15 orang, layanan obgyn 23 orang, dan layanan THT 34 orang. (vin-yanu/s)

#Kabupaten Sumenep #Dinkes Jatim #Yankes Bergerak #Dinkes Kabupaten Sumenep