Sabtu, 27 April 2024

Tingkatkan Ekonomi Berbasis Sport Tourism, Ngawi Gelar Festival Dolanan Tradisional

Diunggah pada : 20 Agustus 2023 14:54:56 87
Sumber Foto: Bidang Media dan Promosi KORMI Jawa Timur

Jatim Newsroom - Dolanan Tradisional menjadi bagian dari sport tourism yang perlu dilestarikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Ngawi menyelenggarakan Festival Dolanan Tradisional 2023.

Bertempat di Alun-alun Kemerdekaan Kabupaten Ngawi, Minggu (20/8/2023), Festival Dolanan Tradisional tahun ini mengusung tema Dolanan Keren Jaman Biyen Jilid II. Kegiatan Tersebut dihadiri oleh Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Ngawi.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Ngawi. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang juga Ketua Kormi Jawa Timur, Hudiyono melantik 15 pengurus Kormi Kabupaten Ngawi.

Hudiyono berharap agar pengurus KORMI Ngawi dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam mendukung olahraga nasional khususnya di bidang olahraga masyarakat.

"Tentunya melalui kiprah dan kinerja pengurus dalam pengembangan olahraga masyarakat serta menjadi mitra strategis pemerintah untuk mewujudkan jati diri dan ketahanan nasional bangsa indonesia yang kita cintai," jelasnya melalui rilis Bidang Media dan Promosi KORMI Jawa Timur.

Bupati Ngawi dalam sambutannya pun menyampaikan komitmen dalam meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat. Dengan kehadiran KORMI, katanya, bisa dimaknai dengan olahraga yang mengeluarkan keringat dan menyenangkan.

Bupati Ngawi menambahkan, diharapkan olahraga tradisional menjadi gaya hidup baru di Alun-alun Ngawi. "Semoga dengan momentum kemerdekaan masyarakat dapat sehat lahir dan batin," ujarnya.

Rangkaian Festival Dolanan Tradisional diwarnai dengan Lomba Bakiak, Balap Egrang, dan Gobak Sodor. Selain tiga lomba tersebut juga dilaksanakan exhibition match Panjat Pinang dan Tarik Tambang. (idc/hjr)

#KORMI Jatim #Ngawi #Olahraga Tradisional #sport tourism