Kamis, 2 Mei 2024

Tim Pelayanan Kesehatan Jatim di Sapeken Siap Kembali, Dinkes Sumenep Sampaikan Terima Kasih

Diunggah pada : 12 Desember 2023 20:00:36 55
Exit Conference Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak, sebelum meninggalkan Kepulauan Sapeken

Jatim Newsroom - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur di Pulau Sapeken Madura. 

"Terima kasih kepada Dinkes Jatim yang sudah mengkoordinir acara ini sehingga terlaksana dengan baik dan lancar. Terima kasih kepada seluruh Tim Yankes Bergerak Jatim yang sudah melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas. Semoga menjadi amal ibadah," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Sumenep, Saiful Anwar dalam keterangan tertulis, Selasa (12/12/2023).

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa atas program pelayanan kesehatan bergeram yang ada di kepulauan wilayah terpencil dan sangat terpencil ini. 

"Saya sampaikan terima kasih yang utama kepada Ibu Gubernur Khofifah yang sudah memprogramkan yankes bergerak sebagai icon gubernur yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama di wilayah kepulauan dimana akses masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan sangat terbatas," tuturnya. 

Saiful juga menyampaikan harapan agar pelayanan serupa bisa terus berjalan setiap tahun karena dibutuhkan oleh masyarakat. "Masyarakat sangat antusias sampai antrean membludak. Meskipun hujan tetap antusias datang karena program kegiatan yankes bergerak ini yang dinanti-nanti. Masyarakat tidak perlu operasi ke Sumenep atau dirujuk ke Sumenep, melainkan bisa dilakukan di sini. Harapan kami kalau bisa diagendakan rutin setiap tahun di beberapa wilayah pulau-pulau terkecil di Sumenep," harapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, salah satu warga Pulau Sapeken, Jumain juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas program ini. Terima kasih Ibu Gubernur Jatim yang sudah melaksanakan pelayanan kesehatam mata kepada istri saya. Kami sampaikan terima kasih kepada tim pelayanan kesehatan bergerak. Semoga ke depan lebih bagus dan jaya," katanya.

Perlu diketahui, para pahlawan medis yang berasal Dari RSUD Dr. Soetomo, RSUD Haji, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, RS M Noer Pamekasan, RS Gigi dan Mulut Unair dan RS M. Anwar Sumenep, ttDinkes Jatim, Dinkes Sumenep, dan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan Tradisional terjun membantu Pulau Sapeken, Madura selama empat hari, dari tanggal 7 s.d. 10 Desember 2023. 

Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak dengan jumlah 59 tenaga kesehatan ini melakukan pengabdian dalam bentuk pemeriksaan dan tindakan kepada beberapa kasus penyakit yang dialami oleh masyarakat Sapeken, serta pengobatan tradisional. Beberapa permasalahan kesehatan spesialis yang diberikan antara lain mata, bedah, obgyn, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), gigi mulut, 

Sedangkan layanan kepada masyarakat secara lasng sanitasi, stunting, TB dan kusta.Program Pelayanan Kesehatan Bergerak ini sudah dilakukan di beberapa kepulauan di kab Sumenep di tahun 2023 ini yaitu Kepulauan Sapudi, Raas, Kangean dan Sapeken. Sehingga total ada 4x pelaksanaan Yankes Beregerak di tahun 2023 ini. (mok/idc/...)

#dinkesjatim #Yankes #Dinkes Prov Jatim #pelayanan kesehatan gratis #Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak #Yankes Bergerak #Dinkes sumenep