Sabtu, 27 April 2024

Soft Tissue Tumor dan Hernia Jadi Kasus Bedah Terbanyak yang Ditangani Tim Yankes Bergerak Jatim di Pulau Sapeken

Diunggah pada : 12 Desember 2023 13:15:55 60
Proses operasi yang dilakukan oleh Tim Yankes Bergerak Dinkes Jatim dan Dinkes Sumenep di Kepulauan Sapeken

Jatim Newsroom – Soft Tissue Tumor dan Hernia menjadi kasus bedah terbanyak yang ditangani oleh Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur di Pulau Sapeken, Madura. Koordinator Bedah Yankes Bergerak Jatim di Sapeken, dr. M. Angga Notosusanto Mukti menyampaikan pelaksanaan secara keseluruhan berjalan lancar. 

“Hanya ada beberapa kasus yang tidak bisa kita tangani, itu kita sarankan untuk dirujuk ke tempat dengan peralatan yang lebih lengkap, yang paling dekat ya RSUD Abuya Kangean,” ujarnya. 

Ia pun menyampaikan harapan RSUD Abuya Kangean semakin dilengkapi dengan peralatan yang lebih memadai dan dokter spesialis. “RS ini diharapkan dilengkapi dengan dokter-dokter spesialis, yang nanti selesai diberangkatkan sekolah bisa kembali membangun daerah kepulauan itu,” harapnya. 

Perlu diketahui, para pahlawan medis yang berasal Dari RSUD Dr. Soetomo, RSUD Haji, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, RS M Noer Pamekasan, RS M. Anwar Sumenep, RS Gigi dan Mulut Unair, Dinkes Jatim, Dinkes Sumenep, dan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan Tradisional terjun membantu Pulau Sapeken, Madura selama empat hari, dari tanggal 7 s.d. 10 Desember 2023. 

Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak dengan jumlah 59 tenaga kesehatan ini melakukan pengabdian dalam bentuk pemeriksaan dan tindakan kepada beberapa kasus penyakit yang dialami oleh masyarakat Sapeken, serta pengobatan tradisional. 

Beberapa permasalahan kesehatan yang diberikan antara lain mata, bedah, obgyn, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), gigi mulut, sanitasi, stunting, TB dan kusta. Tindakan operasi yg dilakukan para pahlawan medis dilaksanakan di dua titik, Puskesmas Sapeken dan kapal Gandha Nusantara 2 (GN 2) yang difasilitasi dari Dishub Provinsi Jawa Timur. 

Program Pelayanan Kesehatan Bergerak ini sudah dilakukan di beberapa kepulauan di Madura, yaitu Kepulauan Kangean, Kepulauan Raas, dan Kepulauan Sapudi. Pada bulan Desember 2023 ini, Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak menuju ke kepulauan Sapeken. (mok/idc/hjr)

#dinkesjatim #Sumenep #pelayanan kesehatan gratis #Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak #Yankes Bergera