Sabtu, 24 Februari 2024

Sapeken Madura Sambut Baik Kehadiran Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim

Diunggah pada : 9 Desember 2023 9:59:04 61
Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim di Pulau Sapeken Madura. Foto: Moko/JNR

Jatim Newsroom - Pemerintah daerah di Pulau Sapeken Madura mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Provinsi Jawa Timur. Camat Sapeken, Aminullah, menyatakan, program pelayanan kesehatan kolaborasi antara Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep ini memiliki makna dan motivasi untuk masyarakat Pulau Sapeken.

"Program ini menjadi satu motivasi pada masyarakat kami, bahwa betapa pentingnya arti dari kesehatan pada diri kita. Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim Pelayanan Kesehatan Bergerak. Terima kasih Bapak/Ibu meluangkan waktu dalam hal kemanusiaan ini," ujar Camat Aminullah. 

Ia pun menyampaikan, pelayanan kesehatan gratis ini begitu berharga bagi masyarakat. "Ini amat berharga bagi kami sebagai masyarakat Kecamatan Sapeken, yang berada di ujung timur Kabupaten Sumenep. Terima kasih pelayanan ini dilakukan secara gratis tanpa biaya sepeserpun yang dikeluarkan oleh masyarakat," tegasnya. 

Sementara itu, Koordinator Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Sapeken dari Dinkes Jatim, Wahyuti, menjelaskan, kegiatan ini merupakan ikon Gubernur Jatim dalam melayani masyarakat yang ada di kepulauan wilayah terpencil dan sangat terpencil. 

Para pahlawan medis yang berasal Dari RSUD Dr. Soetomo, RSUD Haji, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, RS M Noer Pamekasan, RS M. Anwar Sumenep, RS Gigi dan Mulut Unair, Dinkes Jatim, Dinkes Sumenep, dan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan Tradisional terjun membantu Pulau Sapeken, Madura selama empat hari, dari tanggal 7 s.d. 10 Desember 2023. 

Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak dengan jumlah 59 tenaga kesehatan ini akan melakukan pengabdian dalam bentuk pemeriksaan dan tindakan kepada beberapa kasus penyakit yang dialami oleh sebagian masyarakat Sapeken, serta pengobatan tradisional. 

Beberapa permasalahan kesehatan sudah dipetakan, antara lain mata, bedah, obgyn, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), gigi mulut, sanitasi, stunting, TB dan kusta.

Perlu diketahui, program Pelayanan Kesehatan Bergerak ini sudah dilakukan di beberapa kepulauan di Madura, yaitu Kepulauan Kangean, Kepulauan Raas, dan Kepulauan Sapudi. Pada bulan Desember 2023 ini, Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak menuju ke kepulauan Sapeken. (mok-idc/s)

#kesehatan #Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak #Dinkes Jatim #sapeken