Rabu, 17 Juli 2024

SMAN Taruna Widhya Garuda Bali Kunjungi AAL

Diunggah pada : 7 Desember 2023 17:57:10 44

Jatim Newsroom- Kunjungan SMA Taruna Widhya Garuda Bali ke Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) merupakan momen bersejarah yang menunjukkan perhatian besar sekolah tersebut terhadap lembaga pendidikan militer. Dalam rangka Education Tour, kepala sekolah Bapak Indra Gita dan para guru pendampingnya didampingi oleh Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AAL, Kolonel Laut (E) Ertawan Julian, disambut dengan hangat di Auditorium Operasi Pengajaran (Opsjar) Komplek Ki Hajar Dewantara Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya.
 
Dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023) yang dibacakan oleh KPPM AAL, Gubernur AAL Laksda TNI Supardi menyampaikan ucapan selamat datang kepada SMA Taruna Widhya Garuda Bali. Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para siswa dan siswi SMA Taruna Widhya Garuda Bali tentang lembaga pendidikan AAL yang berlokasi di Bumimoro, Surabaya.
 
Akademi TNI Angkatan Laut merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut yang bertugas melaksanakan pendidikan pertama perwira sukarela TNI AL. Tujuan utama pendidikan di AAL adalah untuk mendidik dan melatih para taruna agar menjadi perwira TNI AL yang profesional, tanggap, tanggon, dan trengginas. Mereka diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa Sapta Marga, serta memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan penugasan di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan pasukan Marinir.
 
Selain itu, di AAL juga ditanamkan dimensi kemampuan akademik, kesamaptaan jasmani, dan kepribadian melalui tiga aspek pendidikan, yaitu Pengajaran, Latihan, dan Pengasuhan. Sejak tahun 2011, lulusan AAL telah diberikan gelar kesarjanaan Diploma IV bergelar S.Tr (Han) atau Sarjana Terapan Pertahanan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.
 
Gubernur AAL berharap bahwa para siswa dan siswi SMA Widhya Garuda Bali, setelah lulus nantinya, dapat bergabung dengan AAL dan menjadi perwira TNI AL yang tanggap, tanggon, dan trengginas. Hal ini merupakan bentuk pengabdian diri kepada negara dan bangsa sebagai pengawal samudera Indonesia dan penjaga kedaulatan laut negara kesatuan Republik Indonesia.
 
Selama kunjungan tersebut, para siswa dan siswi Taruna Widhya Garuda Bali berinteraksi dengan para taruna AAL. Mereka juga melaksanakan tour of facility untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana yang dimiliki oleh AAL. Tak lupa, momen foto bersama di bawah monumen Hree Dharma Shanty menjadi kenang-kenangan yang berharga bagi para siswa dan siswi Taruna Widhya Garuda Bali serta para taruna AAL. (hjr)

#TNI AL #AAL