Kamis, 18 Juli 2024

241 Taruna AAL Tingkat I Jalani Tes Samapta

Diunggah pada : 13 Desember 2023 13:43:28 56

Jatim Newsroom- Sebanyak 241 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat I Angkatan ke-72 yang baru 12 hari berada di Kesatrian AAL Bumimoro menjalani Tes Kesamaptaan Jasmani di Stadion Jala Krida Mandala AAL, Bumimoro Surabaya, Senin kemarin.

Dari jumlah 241 Taruna Tingkat I tersebut, 221 orang di antaranya adalah Taruna Pria dan 20 orang lainnya adalah Taruna Wanita. Tes Kesamaptaan Jasmani awal dimulai pukul 06.00 dan disaksikan Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Supardi serta sejumlah Pejabat Utama (PJU) AAL lainnya.

Tes Kesamaptaan Jasmani Taruna Tingkat I ini wajib dilaksanakan sebagai data awal bagi lembaga untuk melakukan pembinaan, pemantauan, dan evaluasi kesamaptaan jasmani Taruna dalam menjalani pendidikan selanjutnya.

Sebelum melaksanakan tes Samapta, dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan dari Satkes AAL dan pemanasan oleh Bintara Jasmani dari Departemen Jasmani AAL, kemudian dilanjutkan dengan Tes Samapta baterai A, yaitu lari selama 12 menit di lintasan dengan menempuh jarak minimal 2.400 meter. Dilanjutkan dengan Tes Samapta baterai B dengan materi pull up, sit up, push up, shuttle run, dan renang 50 m masing-masing selama satu menit.

Adapun sebagai pelaksana Tes Kesamaptaan Jasmani ini dari Departemen Jasmani (Depjas) AAL di bawah pimpinan Kepala Departemen Jasmani AAL Kolonel Laut (KH) Ambyah Wiharjono, didapatkan hasil Tes awal baik baterai A maupun baterai B dengan hasil yang baik. Para Prajurit Taruna (Pratar) ini telah menunjukkan semangat dan kejuangan yang tinggi sehingga dapat menyelesaikan Tes Samapta awal dengan baik.(hjr)

#TNI AL #AAL