Selasa, 7 Mei 2024

Siswa Suspa Potmar TNI AL Angkatan Ke-2 Gelar Lattek Bintahwil

Diunggah pada : 18 Oktober 2023 22:35:52 43

Jatim Newsroom - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, Siswa Kursus Perwira (Suspa) Potensi Maritim (Potmar) TNI AL Angkatan ke-2 TA   2023 menggelar Latihan Praktek (Lattek) Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dengan melaksanakan tabur benih ikan yang dihadiri langsung oleh Komandan Pusdik Intelmar Kolonel Laut (T) Harlius Bachtiar, didampingi Komandan Sekolah Perwira (Dansepa) Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono, bertempat di Kelurahan Bulak Banteng, Kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Danpusdikintelmar mengatakan, Ketahanan pangan adalah kemampuan suatu negara atau wilayah untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya secara berkelanjutan, yang meliputi kemampuan untuk memproduksi, mendistribusikan dan mengakses pangan yang cukup, aman, dan bergizi. 

"Dalam upaya untuk mengatasi tantangan ini, pendekatan yang holistik dan berkelanjutan menjadi penting, salah satu solusi yang menarik adalah kegiatan peningkatan produksi ikan melalui tabur benih ikan, " terang Kolonel Harlius, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/10/2023).

Konsp ini lanjut Kolonel Harlius, melibatkan pelepasan ikan muda kedalam habitat yang sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan ikan. Tabur benih ikan telah terbukti berhasil dalam meningkatkan populasi ikan secara alami, mendukung mata pencaharian masyarakat, mendukung kesejahteraan masyarakat dan memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem perairan serta berdampak pada memperkuat pertahanan pangan.

Mengusung tema “Melalui Budidaya Ikan, Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna  Ketahanaan  Pangan Nasional Sektor  Maritim”,  Lattek Bintahwil yang dilaksanakan oleh 22 siswa Suspa Potmar Angkatan ke-2 TA. 2023 ini merupakan bentuk implementasi dari materi teori yang didapat oleh para siswa selama menempa ilmu di Pusdik Intelmar, Kodikopsla, dan Kodiklatal untuk dipraktekan langsung di Masyarakat Maritim.

Lebih lanjut Kolonel Harlius mengatakan bahwa para siswa Suspa Potmar sudah mampu menggalang masyarakat dalam menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Ketahanan Wilayah , dengan memfungsikan boosem yang sebelumnya dalam kondisi dangkal dan dipenuhi tumbuhan pengganggu enceng gondok, para siswa bersama masyarakat mampu membersihkan dan memfungsingkan boosem sebagai kolam untuk terbar benih ikan patin untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Bapak Yuri selaku Camat Kenjeran juga menyampaikan terimakasih kepada Komandan Pusdik Intelmar yang telah menyelenggarakan Lattek Bintahwil Siswa Suspa Potmar di wilayah Kecamatan Kenjeran, beliau berharap kegiatan latihan Praktek ini juga dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di wilayah Kecamatan Kenjeran.

Dalam kegiatan latihan praktek lapangan ini, siswa Suspa Potmar juga mengundang Kepala DKPP Kota Surabaya Ir. Antiek Sugiharti, M.Si. yang diwakili oleh Bapak Edy Kurniawan S., Camat Kenjeran Bpk. Yuri Widarko, S.H., Danramil Kenjeran Letkol Inf Harianto dan Kapolsek Kenjeran. (hjr)

#TNI AL