Sabtu, 27 April 2024

Senam Tera Indonesia Ikuti Trenggalek Cultural Carnival 2022

Diunggah pada : 29 Agustus 2022 14:09:56 1115
Senam Tera Indonesia (STI) Kabupaten Trenggalek

Jatim Newsroom- Senam Tera Indonesia (STI) Kabupaten Trenggalek yang salah satu anggota Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI)  mengikuti “Trenggalek Cultural Carnival’ 2022 yang berlangsung Minggu (28/8/2022) 

Trenggalek Cultural Carnival mengsusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dan aku tetap berbudaya”(Dengan Semangat Juang Ki Ageng Minak Sopal Trenggalek Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Dan Siap Meroket).

Sekretaris Pelaksana Sembodo Sukmamukti, Senin (29/8/2022) menjelaskan, Senam Tera merupakan aktivitas olahraga ini akan membantu tubuh tetap bugar dan segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal, dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh.

Olah raga Senam Tera Indonesia adalah olah raga pernafasan yang dipadu dengan olah gerak. Senam ini di adopsi dari senam Tai Chi yang berasal dari Negeri China. Tera dari kata terapi yang berarti bahwa olah raga yang berfungsi sebagai terapi (penyembuhan).

Pernapasan STI termasuk pernapasan lembut, pernapasan perut waktu tarik napas perut kembung dan lepas napas perut kempes. Dilakukan secara alamiah, wajar, panjang dan melalui hidung sedang hembus napas boleh lewat hidung atau mulut dan tidak dihentakkan.

Kegiatan yang tujuannya untuk menguasai secara fisik seluruh gerakan Senam Tera Indonesia, Olah Napas Kegiatan yang ditujukan untuk menguasai secara serasi antara gerakan, teknik pernapasan kosentrasi khususnya gerakan pernapasan pokok dan gerakan pernapasan lanjutan, olah tenang Kegiatan yang ditujukan untuk menguasai secara mental hubungan antara gerakan fisik dengan metabolisme tubuh, sehingga tercapai kondisi ketenangan yang utuh baik fisik maupun mental.

Mempunyai dampak pada peningkatan kesehatan dan kebugaran, meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat merangsang penyembuhan beberapa jenis penyakit. dampak positif dari latihan senam tera erjadinya perbaikan-perbaikan terhadap fungsi fisik dan kejiwaan sehingga akan meningkatkan kemampuan fungsional organ-organ tubuh serta kesehatan rohani. (hen/hjr)

#Trenggalek #KORMI Jatim