Sabtu, 22 Juni 2024

Seminar Kesehatan Mental SMA Al Muslim Sidoarjo, Jadi Upaya Mensyukuri Nikmat Kesehatan

Diunggah pada : 15 November 2023 19:26:41 89
Seminar Kesehatan Mental di SMA Al Muslim Sidoarjo. Foto : Dok. Humas RSUD Haji Surabaya

Jatim Newsroom – Guna menjaga kesehatan mental bagi remaja, SMA Al Muslim Sidoarjo, menggelar seminar kesehatan bertajuk 'Promoting Mental Health : The Role of Seminars in Preventing Teen Self Harm and PTSD', di Sidoarjo. Seminar tersebut menghadirkan pembicara seoarang dokter spesialis kedokteran jiwa dari RSUD Haji Surabaya, dr. Fazia, Sp. KJ.

Seminar yang diadakan dan diikuti oleh siswa kelompok 1-3 kelas X Ar-Rahman SMA Al Muslim itu, dilaksanakan sebagai wujud implementasi proyek kurikuler.  

Waka Kesiswaan SMA Al Muslim Misbakhus Surur, kepada Jatim Newsroom, pada Rabu (15/11/2023) menyampaikan, adanya seminar ini bertujuan untuk lebih mensyukuri nikmat kesehatan dengan cara mengenal kesehatan mental dan menghindari tindakan melukasi diri sendiri atau self harm maupun Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). 

“Mensyukuri itu bisa dalam bentuk menjaga dan memanfaatkannya sesuai dengan sebagaimana mestinya. Sebagai contoh, nikmatnya akal sehat itu bisa kita rasakan ketika kita dalam sebuah masalah, bagaimana cara kita menganalisis dan memecahkan masalah yang sedang kita rasakan,” jelas Waka Kesiswaan SMA Al Muslim yang biasa disapa Ustadz Surur itu 

Sementara itu, hadir sebagai pembicara seminar, dokter spesialis dokter kejiwaan RSUD Haji Surabaya, dr. Faiza, Sp. KJ., menerangkan beberapa hal terkait kesehatan mental dan pentingnya menjaga mental agar tetap sehat bagi remaja. 

“Saya memaparkan materi mulai dari pengertian trauma, bagaimana trauma itu berpengaruh pada tindakan menyakiti diri sendiri atau self harm, serta upaya preventif untuk mencegah terjadinya self harm agar tidak berujung pada PTSD,” terang dr. Fazia. 

Di sisi lain, salah satu siswa kelas X SMA Al Muslim yang juga sebagai ketua pelaksana kegiatan, bernama Shafina Putri Aulia mengatakan, seminar ini mampu membuka wawasan siswa untuk lebih mempedulikan dan mementingkan kesahatan mental. 

“Seminar ini mampu membuka wawasan saya tentang kesehatan mental lebih luas lagi, dengan begitu saya bisa lebih sadar untuk menjaga kesehatan mental dengan tidak melukai diri sendiri,” pungkas Shafina. (vin/s) 

#sidoarjo #kesehatan #SMA #IPM parlemen remaja 2022 #RSUD #RSUD Haji #seminar #RSUD Haji Jatim #mental