Selasa, 21 Mei 2024

Gedung Baru Laboratorium Kesehatan Daerah Pemkot Mojokerto Segera Beroperasi

Diunggah pada : 19 April 2024 16:24:32 42
Gedung Baru Laboratorium Kesehatan Daerah Pemkot Mojokerto Segera Beroperasi

Jatim Newsroom - Pembangunan gedung baru Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) baru milik Pemkot Mojokerto telah rampung sejak akhir tahun lalu. Pj. Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro, mengungkapkan jika Labkesda berlokasi di Jalan Benteng Pancasila (Benpas) ini akan segera beroperasi pertengahan tahun ini.

“InsyaAllah bulan Juli ini kami targetkan untuk bisa beroperasi. Untuk saat ini, masih perlu pekerjaan lanjutan dan perawatan. Karena kami ingin pastikan saat beroperasi nanti, keamanan dan kenyamanan bagi pegawai dan pengunjung benar-benar terjamin,” tutur sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.

Mengutip laman Pemerintah Kota Mojokerto (19/4/2024), Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dr. Farida Mariana mengungkapkan pekerjaan lanjutan yang dimaksud terkait lanskap. 

“Gedung utama dan fasilitas di dalamnya memang sudah selesai, tapi ini masih perlu ada pemasangan pagar dan paving,” ujarnya.

Pihaknya juga menuturkan selain gedung baru dengan lokasi yang lebih luas, nyaman, dan sesuai standar Kementerian Kesehatan, juga akan ditambahkan pelayanan Laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2). Pada laboratorium level tersebut, dapat dilakukan pengujian mikroba dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction).

“Istilah ini sering kita dengar saat pandemi Covid-19 lalu. Meski sudah tidak pandemi, tidak lantas metode tersebut kurang fungsional. Banyak jenis virus yang bisa dilakukan dengan pengujian ini,” papar dr. Farida. (idc/s)

#kominfo jatim #kesehatan #laboratorium #Laboratorium Kesehatan Daerah