Sabtu, 24 Februari 2024

Pelayanan Kesehatan Bergerak Bersatu, Masyarakat Pulau Sapeken Terbantu

Diunggah pada : 9 Desember 2023 6:26:37 53
Pelayanan Kesehatan Bergerak Jatim di Pulau Sapeken, Madura. Foto: Moko/JNR

Jatim Newsroom - Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak terus berkomitmen mewujudkan pemerataan layanan kesehatan masyarakat, khususnya di kepulauan. Kali ini, para pahlawan medis yang berasal dari RSUD Dr. Soetomo, RSUD Haji, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, RS M Noer Pamekasan, RS M. Anwar Sumenep, RS Gigi dan Mulut Unair, Dinas Kesehatan (Dinke Provinsi Jawa Timur, Dinkes Sumenep, dan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan Tradisional terjun membantu Pulau Sapeken, Madura selama empat hari, dari tanggal 7 s.d. 10 Desember 2023. 

Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak di Pulau Sapeken ini sudah memetakan beberapa permasalahan kesehatan, antara lain mata, bedah, obgyn, telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), gigi mulut, sanitasi, stunting, TB dan kusta.

Di hari pertama pelayanan, Jumat (8/12/2023), antusiasme masyarakat terlihat dari antrean pendaftaran di halaman Puskesmas Sapeken. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah skrining dan tindakan operasi yang dilakukan di Puskesmas dan Kapal Gandha Nusantara 2 serta penyuluhan kepada masyarakat hingga kunjungan rumah.

Koordinator Pelayanan Kesehatan Bergerak di Kepulauan Sapeken dari Dinkes Jatim, Wahyuti menuturkan ada beberapa program Upaya Kesehatan Masyarakat  yang dilaksanakan dalam pelayanan kesehatan bergerak di Pulau Sapeken ini. 

“Mulai dari memberikan pemahaman tentang stunting pada ibu hamil dan balita di wilayah Sapeken. Kemudian pembinaan program kesehatan lingkungan, TB, kusta di Kepulauan Saibus. 

Satu di antara masyarakat yang merasakan manfaat program ini adalah Sumaria dari Pulau Sapeken. "Anak saya sakit tumor di kepala. Alhamdulillah dengan adanya tim ini, saya merasa terbantu. Baru saja anak saya selesai dioperasi, semoga anak saya dapat sembuh. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jawa Timur, dan Bapak Ibu dokter yang menangani anak saya. Semoga mendapatkan keberkahan dan program ini dapat terus berjalan,” ujarnya di ruang rawat inap Puskesmas Sapeken. 

Pelayanan hari kedua akan berlangsung hari ini, kemudian tim Pelayanan Kesehatan Bergerak akan kembali ke Surabaya esok hari Minggu. (mok/idc/s)

#Madura #kesehatan #Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak #sapeken