Kamis, 2 Mei 2024

KRI Dewaruci Kembali Menggepakkan Sayap Layar-Layar Planjib Jib Dastur

Diunggah pada : 20 November 2023 16:24:06 26

Jatim Newsroom - Pelayaran Jalasesya 2023 Taruna Akademi TNI Angkatan Laut Tingkat II Angkatan ke-71 dengan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo melaksanakan Peran Tempur Layar yang merupakan kapal legendaris kebanggaan TNI Angkatan Laut merupakan Kapal layar tiang tinggi dunia yang digerakkan menggunakan layar dengan memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya.

KRI Dewaruci selama ini telah berlayar di tujuh samudra di dunia. KRI Dewaruci memiliki tiga tiang layar utama yang menunjukkan jenisnya yakni Tall Ship Barquentine memiliki 16 layar, nama Dewaruci sendiri diambil dari tokoh pewayangan yaitu dewa yang berhati lembut pencetak Laksamana.

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Sugeng Hariyanto, dalam keterangan tertulis, Senin (20/11/2023) selama pelayaran menggelar latihan buka tutup layar, Peran tempur kapal layar agar seluruh Prajurit selalu terlatih dalam pelaksanaan buka tutup layar, sehingga selalu terjaga naluri tempur sebagai pengawak kapal layar.

Dalam latihan ini adapun Layar-layar yang dikembangkan adalah layar-layar membujur diantaranya Layar Planjib, Layar Jib Luar, Layar Jib Tengah, Layar Jib Dalam, Layar Dastur Besar dan Layar Dastur Pengapuh. (hjr)

 

#TNI AL #AAL