Selasa, 30 April 2024

KORMI Jatim Latih 110 Pemanah Tradisional Jadi Pelatih Tingkat Dasar

Diunggah pada : 9 Desember 2023 18:17:53 67
Ketua KORMI Jatim dalam kegiatan Training of Trainer atau pelatihan menjadi pelatih tingkat dasar untuk olahraga panahan tradisional. Sumber Foto: KORMI Jatim

Jatim Newsroom - Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur menggelar Training of Trainer atau pelatihan menjadi pelatih tingkat dasar untuk olahraga panahan tradisional. Acara dikerjasamakan dengan Persatuan Panahan Tradisional (PERPATRI) Nusantara Jaya Jawa Timur dengan mengikutsertakan 110 pemanah tradisional atau jemparingan.

Ketua KORMI Jawa Timur, Hudiyono, menjelaskan, panahan tradisional atau jemparingan menjadi salah satu olahraga dan warisan budaya bangsa yang dilestarikan dan dikembangkan oleh PERPATRI. Ia pun mengapresiasi upaya pelatihan yang digelar untuk melahirkan pelatih baru untuk tingkat dasar guna lebih memasifkan jemparingan kepada masyarakat luas.

"Alhamdulillah, hari ini bisa membersamai para penggiat olahraga panahan tradisional PERPATRI Nusantara Jaya Jawa Timur. Salah satu cabang organisasi olahraga masyarakat di Jawa Timur yg masih menjaga tradisi budaya. Pelatihan ini juga untuk menguatkan agar lebih banyak masyarakat yang ikut melestarikan jemparingan," ujarnya di Sidoarjo, Sabtu (9/12/2023) melalui rilis Bidang Media dan Promosi KORMI Jatim. 

Selain berolahraga, kata dia, penggiat jemparingan juga selalu mengenakan pakaian adat sebagai warisan budaya bangsa. Artinya, sembari berolahraga mendapatkan manfaat sehat bugar juga turut menjaga tradisi dan budaya.

Pria yang akrab disapa Cak Hud ini menjelaskan, panahan tradisional juga melatih tentang kekuatan otat kaki dan tangan. Bahkan, lanjut dia, juga melatih fokus dan konsentrasi. "Jika diajarkan pada anak-anak, maka bisa melatih raga, rasa dan akal yang sehat dan bugar," tuturnya.

Ke depan, Cak Hud berharap PERPATRI bisa menggelar lomba tarkam atau antar kampung atau bahkan event secara nasional atau internasional. "Sembari memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat juga membudayakan dan menjaga tradisi luhur bangsa ini menjadi tujuan utama hadirinya KORMI berkolaborasi dengan PERPATRI Jatim," tuturnya.

Ketua PERPATRI Nusantara Jaya Jatim, Heru menyampaikan terima kasih atas dukungan KORMI Jatim dalam penyelenggaraan TOT Tingkat Dasar. "Kepedulian Pak Hudiyono selalu Ketua KORMI Jatim ini sangat luar biasa dalam mendukung olahraga masyarakat, khususnya panahan tradisional. Semoga kerjasama dan kolaborasi ini bisa terus berjalan dan kami dari PERPATRI Jatim tentu akan mendukung program dari KORMI Jawa Timur," pungkasnya. (idc/s)

#KORMI Jatim #panahan tradisional #Olahraga Tradisional