Selasa, 31 Januari 2023

Kadis Kominfo Jatim Apresiasi Digelarnya UKPFI

Diunggah pada : 3 Agustus 2022 9:47:29 106
Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) 2022, di Hotel Royal Regantris Surabaya, Rabu (3/8/2022)

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Hudiyono, mengapreasi penyelenggaraan Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) 2022 yang diinisiasi oleh Dewan Pers dan PFI ini di Hotel Royal Regantris Surabaya, Rabu (3/8/2022).

“Saya memberikan apresiasi luar biasa karena ini adalah inisiasi yang baik untuk memberikan standar pada pers kita melalui uji kompetensi,” ujar Hudiyono.

Dengan terpenuhinya standar, lanjut Hudiyono, maka Sumber Daya Manusia (SDM) pers atau pewarta akan semakin baik untuk mengimbangi kecepatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam hal penguatan publikasi yang baik dan benar untuk masyarakat.

“Kesenjangan antara SDM dan kecepatan teknologi ini yang harus kita garap bersama. Maka, kegiatan ini merupakan bentuk inovasi dan kreativitas dari Dewan Pers dan PFI untuk menjawab kesenjangan tersebut,” imbuhnya.

Kegiatan UKWPFI ini dibuka oleh Anggota Dewan Pers, Ninik Rahayu. Saat memberi sambutan pembukaan, Ninik menyampaikan mengenai pentingnya profesionalisme wartawan.

“Saat ini pejabat negara, baik di penegak hukum, eksekutif, legislatif, bahkan di korporasi, advokat, dan lain-lain semakin mengagumi, menyadari, memperhatikan pentingnya profesionalisme wartawan,” terangnya.

Ninik menambahkan, profesionalisme wartawan tidak bisa hanya digantungkan kepada wartawan, tetapi juga pada perusahaan pers.

“Jadi harus digantungkan pada 2 pilar itu. Jika tidak professional itu akan berpengaruh pada kinerja wartawan. Ini PR kita bersama, apalagi di era digital seperti saat ini. Uji kompetensi ini merupakan upaya untuk menunjang kemerdekaan pers dan profesionalisme media, baik melalui perusahaan pers, maupun melalui wartawan,” tegasnya. (idc/n)

#Kadis Kominfo Jatim #pewarta indonesia #dewan pers #uji kompetensi