Minggu, 23 Juni 2024

Jaga Stabilitas Keamanan Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024. Wantannas RI OTS ke Jatim

Diunggah pada : 6 Maret 2024 16:33:12 141
Wantanas RI ini dipimpin oleh Staf ahli bidang Hukum, Irjen Pol Drs I Nyoman Labha Suradnya saat menggelar OTS di Jawa Timur bersama Forkopimda, dan Ormas di Shangrilla Surabaya. (Yanu)

Jatim Newsroom - Guna menjaga stabilitasi keamanan Nasional tetap kondusif dan aman pasca pemungutan suara pemilu 2024. Dewan Tim Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) RI melaksanakan On The Spot (OTS) ke Provinsi Jawa Timur. Dimana kunjungan tim OTS Wantanas RI ini dipimpin oleh Staf ahli bidang Hukum, Irjen Pol Drs I Nyoman Labha Suradnya dan diikuti 11 anggota Wantanas RI melakukan audensi dan kunjungan ke Jatim yang dilaksanakan di hotel Sheraton Surabaya, Rabu (6/3/2024).

Adapun undangan yang hadir, yaitu Polda Jatim, Kodam V Brawijaya, Kejati, Kabinda, KPU, Bawaslu, Staf ahli Pemerintahan Setdaprov jatim, Diskominfo, Kesbangpol, FKUB, NU, Muhammadiyah, LDII, dan dari Akademisi PTN/PTS se Jatim. "Kedatangan kami ke Jatim ini yaitu mencari saran, dan masukan dari masyarakat, ormas, dan Pemerintah terkait keamanan nasional pasca pelaksanaan pemungutan suara pemilu 2024, dan hasil diskusi ini nanti kita akan sampaikan ke Presiden RI, Jokowi, "kata Irjen Pol I Nyoman dalam sambutannya di OTS WIlayah Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan inisiatif prioritas nasional Sekretaris Jenderal Wantannas tahun 2024. Kegiatan dengan tema ‘Strategi Penanganan Terpadu Resiko Pasca Pemilu 2004 Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Keamanan Nasional’ ini bertujuan untuk menyempurnakan naskah rancangan strategis penanganan terpadu risiko pasca pemilihan umum 2024.

Dikatakannya, Jawa Timur merupakan salah satu barometer nasional untuk menjadi pemenang pemilu dan Presiden 2024. Dan alhamdulillah laporan dari Polda dan Pemprov bahwa pemilu di Jatim berlangsung kondusif, serta Wantanas juga mengapresiasi pemilu 2024 di Jatim tingkat partisipasi mencapai 82 %. Apresiasi juga antusiasme para peserta rapat dalam memberikan informasi pelaksanaan pemilu. "Kami harap kondisi yang kondusif di Jatim bisa bertahan hingga proses rekapitulasi selesai, serta pelaksanaan pilkada 2024 di Jatim juga aman dan kondusif lagi,"harapnya.

Sementara itu Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto yang diwakilkan oleh Karo Ops, Kombes Pol Puji Santoso mengatakan pelaksanaan pemilu 2024 di Jawa Timur alhamdulillah berjalan aman dan kondusif. Dimana, hal tersebut merupakan buah dari hasil koordinasi atau kerja sama yang baik antar stakeholder dan masyarakat. Terlebih, ia menyatakan telah melakukan simulasi, pemetaan, hingga antisipasi pada sejumlah titik kerawanan di Jatim. "Saat ini yang jadi kita fokuskan personil kepolisian untuk pengamanan proses rekapitulasi di hotel shangrilla hingga 8 Maret mendatang,"pungkasnya. (pca/hjr)

#Polda Jatim #Kadis Kominfo Jatim #Pemilu 2024 #sherlita