Minggu, 16 Juni 2024

Pemprov Jatim Minta Masalah Keamanan Siber Dibahas di Rakornas APTIKOM 2023

Diunggah pada : 7 Desember 2023 19:46:19 99
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin saat menghadiri pembukaan Rakornas APTIKOM 2023 yang mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Univ.Muhammadiyah Malang. (Audi)

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika meminta dan berharap agar di forum Rakornas APTIKOM 2023 bisa dibahas terkait permasalahan keamanan siber.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin saat menghadiri pembukaan Rakornas APTIKOM 2023 yang mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Univ.Muhammadiyah Malang, Kamis (7/12/2023). "Saat ini kita semua menghadapi potensi gangguan keamanan siber. Dalam forum ini sangat tepat jika bisa dibahas pemenuhan kebutuhan SDM Penanganan Siber,”katanya

Dijelaskan, formasi untuk siber man yang baru dimiliki oleh Pemprov Jatim ada tiga orang. Kemudian kebutuhan sesuai analisis jabatan pemprov dibutuhkan 19 orang untuk siber man ini. Dan hasil komunikasi bersama BSSN yang diisi oleh jabatan siber man ini harus dari ASN dan PPPK. "Selain Articial Intelligence atau AI ini. Juga pentingnya yaitu keamanan siber. Dimana kemudian kita semua berperang terkait keamanan Siber tersebut,"katanya.

Pihaknya juga menyampaikan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang digital juga perlu ditingkatkan untuk meningkatkan indeks literasi digital dan indeks masyarakat digital Jawa Timur dan Indonesia. Walaupun berdasarkan hasil survey kementerian Kominfo RI, indeks masyarakat digital dan indeks literasi digital Jawa Timur tahun 2022 selalu berada di atas rata-rata nasional.

Indeks literasi digital nasional di tahun 2022 adalah sebesar 3,54. sementara itu, indeks literasi digital Jawa Timur di tahun 2022 sebesar 3,58. angka ini meningkat dari tahun 2021 yaitu 3,55. Adapun data indeks masyarakat digital jatim sebesar 39,42. capaian Jawa Timur ini berada di atas indeks masyarakat digital nasional yang sebesar 37,80. "Selamat datang di Malang Jawa Timur, dan selamat menjalankan Forum Rakornas APTIKOM 2023. Kita semua berharap akan muncul banyak gagasan baru untuk meningkatkan kualitas SDM sekaligus menumbuhkan budaya digital di masyarakat,"pungkasnya. (pca/hjr)

#pemprov jatim #Kadis Kominfo Jatim #sherlita

Berita Terkait

Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi
Rangkaian Roadshow Bus Antikorupsi di Ja...
15 Juni 2024
thumb
Dibuka Ketua Pergatsi Jatim
Cabor Gateball Resmi Dipertandingkan di...
15 Juni 2024
thumb
Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD 2023
Komisi E Apresiasi Realisasi Penyerapan...
14 Juni 2024
thumb