Senin, 20 Mei 2024

Hari Pertama Yankes Bergerak Pemprov Jatim Fokus Tahap Screening

Diunggah pada : 26 Oktober 2023 18:43:54 51
Pemeriksaan mata oleh Nakes Pelayanan Kesehatan Bergerak Dinkes Prov. Jatim, di RS Abuya Kangean, Sumenep, Kamis (26/10/2023). Foto: Rafly JNR

Jatim Newsroom - Sebagai salah satu rangkaian hari jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan kembali melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan (Yankes) bergerak di pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, yang dimulai pada hari ini, Kamis (26/10/2023).

Bertempat di RS Abuya kepulauan Kangean, dan Puskesmas Arjasa, tim yang diterjunkan pada Yankes bergerak kali ini sebanyak 91 tenaga kesehatan (Nakes) dengan sasaran pasien sebanyak 720 orang/kasus yang memerlukan tindakan medis lebih lanjut.

"Di hari pertama ini, sudah mulai dipersiapkan di masing-masing kelompok tindakan, misalnya untuk Mata, dari pagi sudah dilakukan screening atau pemeriksaan awal agar lebih memudahkan dokter-dokter spesialis yang didatangkan dari Surabaya, dari situ nanti dikelompokkan mana yang perlu pengobatan atau penindakan" terang Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Prov. Jatim, dr. Ninis Herlina Kiranasari.

dr. Ninis mengatakan Yankes bergerak ini dipusatkan di dua tempat, yaitu di RS Abuya Kangean dan di Puskesmas Arjasa.

"Di RS Abuya ini difokuskan untuk pelayanan kesehatan perorangan, yang menangani keluhan ataupun hal-hal yang membutuhkan tindakan. Sedangkan di Puskesmas Arjasa kegiatannya adalah untuk komunikasi informasi dan edukasi, baik untuk petugas Puskesmas maupun untuk masyarakat di Dua kecamatan yang ada di Pulau Kangean ini," jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, di Puskesmas Arjasa dikonsentrasikan untuk program stunting dan program penyakit menular yaitu TBC dan HIV.

"Jadi nanti masyarakat diajak untuk mengatasi stunting yang sudah ada dan mencegah supaya tidak terjadi stunting," pungkasnya. (ghf/s)

#Dinkes Prov Jatim #Kangean #Yankes Bergerak #Sumenep Madura