Jumat, 26 April 2024

Hari Kedua Rakornas Komisi Informasi ke-13, Bahas Isu Aktual hingga Relasi Pusat dan Daerah

Diunggah pada : 13 Oktober 2022 12:35:21 80
Hari Kedua Rakornas Komisi Informasi (KI) ke-13 se-Indonesia 2022, di Semarang, Kamis (13/10/2022).

Jatim Newsroom – Di hari kedua Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Informasi (KI) ke-13 se-Indonesia 2022 yang digelar oleh KI Pusat diisi dengan kegiatan rapat pleno per bidang. Ada bidang isu aktual, bidang relasi pusat dan daerah, serta bidang tugas dan fungsi. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Hudiyono, dan Ketua Komisi Informasi Jawa Timur, Imadoeddin, turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Semarang pada hari Kamis (13/10/2022). 

Hadir sebagai pemapar dalam rapat pleno ini yaitu Komisioner KI Pusat Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi, Samrotunnajah Ismail; Komisioner KI Pusat Bidang Kelembagaan, Handoko Agung Saputro; Komisioner KI Pusat Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Syawaludin; dan Komisioner KI Kalimantan Barat, Chatarina Pancer Istiyani. 

Komisi Informasi sebagai lembaga yang dibentuk UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik memiliki peranan dalam memastikan seluruh Badan Publik untuk melaksanakan prinsip dan asas keterbukaan informasi publik dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan. 

Di hari pertama pada tanggal 12 Oktober 2022 juga telah dilaksanakan seminar publik yang menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu Tenaga Profesional Lembaga Ketahanan Nasional RI, Ninik Rahayu yang membahas Tantangan Era Disrupsi Informasi dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 Guna Menjaga Ketahanan Nasional.

Kemudian Anggota Komisi Pemilihan Umum RI, Betty Epsilon Idroos mengangkat topik tentang Strategi Pemanfaatan Teknologi Informasi di Era Post Truth dalam Mewujudkan Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 secara Transparan. 

Terakhir, Akademisi Guru Besar Universitas Airlangga sekaligus, Henri Subiakto membahas tentang Peran Komisi Informasi dan Pers dalam Mengawal Keterbukaan Informasi dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

Sementara acara pembukaan dihadiri oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo) RI, Usman Kansong; Deputi Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Slamet Soedarsono; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Rina Retnaningrum; Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro; dan Plt. Sekretaris KI Pusat, Nunik Purwanti; Ketua KI Jawa Tengah, Sosiawan. (idc/n)

#Kadis Kominfo Jatim #komisi informasi