Jumat, 20 September 2024

Hari AIDS Sedunia, Kadinkes Jatim Paparkan Strategi Eliminasi HIV Tahun 2030

Diunggah pada : 4 Desember 2023 20:36:20 89
Foto : Dok. Humas Dinkes Jatim

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Kadinkes Jatim) dr. Erwin Astha Triyono, memaparkan beberapa strategi dalam memenuhi target Peringatan Hari AIDS Sedunia, yakni 'Eliminasi HIV Tahun 2030'. Hal tersebut disampaikan dr. Erwin kepada Jatim Newsroom, pada Senin (4/12/2023). 

"Target dari Peringatan Hari AIDS Sedunia ini adalah 'Eliminasi HIV Tahun 2030'. Hal ini bukanlah sesuatu yang susah, jika strateginya bisa disampaikan dengan baik kepada masyarakat. Strategi yang pertama yaitu Suluh atau Edukasi. Kita harus terus menerus melakukan edukasi atau sosialisasi atau penyuluhan HIV-AIDS kepada seluruh masyarakat, jangan sampai masyarakat tahu mitos atau berita-berita hoax yang salah dan terlanjur beredar di masyarakat. Kita harus berikan informasi yang benar untuk memperbaiki informasi yang salah di masyarakat," papar dr. Erwin.

Lebih lanjut, dr. Erwin menjelaskan strategi yang kedua, adalah temukan. Artinya, semua masyarakat yang memiliki perilaku berisiko harus melakukan tes HIV di faskes terdekat. 

"Yang ketiga adalah Obati. Jangan sampai prosesnya hanya berhenti saat ditemukan, tetapi juga harus segera diobati dengan ARV. Dengan target 6 bulan setelah pengobatan, virusnya sudah tidak terdeteksi sehingga tidak ada yang mengganggu kekebalan tubuh Orang Dengan HIV atau ODHIV, imunitas membaik dan bisa hidup normal seperti manusia biasa. Yang terakhir, Pertahankan. Artinya pengobatan ARV tetap dilakukan sepanjang hidup ODHIV agar imunitasnya tetap terjaga," bebernya. 

Keempat strategi tersebut, menurut dr. Erwin, merupakan kunci keberhasilan penanganan HIV dan biasa disingkat dengan 'STOP HIV-AIDS'. Karena bagaimanapun, masyarakat juga perlu tahu bahwa pemerintah sudah sedemikian rupa menyiapkan anggaran yang sangat cukup untuk memastikan bahwa tata laksana khususnya untuk penyakit HIV ini bisa diatasi dengan sebaik-baiknya. Sehingga, nanti eliminasi HIV tahun 2030 betul-betul bisa tercapai.

“Semoga peringatan Hari AIDS kali ini membawa paradigma baru bagi masyarakat untuk percaya diri menghadapi eliminasi HIV dengan target tahun 2030, tentunya dengan strategi dan cara yang terbaik. Perilaku hidup bersih dan sehat kita kerjakan. Bagi yang belum sakit jangan sakit dengan menghindari potensi penularan. Bagi yang sudah sakit atau yang merasa berisiko segera ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk segera diberikan tata laksana yang terbaik.” imbau dr. Erwin

Berikutnya, dr. Erwin menganjurkan warga, supaya menghilangkan stigma dan diskriminasi dari keluarga, masyarakat dan juga tenaga medis supaya tidak menghambat akses untuk mendapatkan pengobatan. "Selain itu kita juga bermitra dengan teman komunitas dalam membantu untuk menjadi pendamping minum obat. Dengan kolaborasi dan bergerak bersama semua pihak, maka bisa wujudkan mimpi kita eliminasi HIV-AIDS tahun 2030," pungkasnya. (vin/s)

#Dinkes Jatim #Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur #Kadinkes Jatim #Hari AIDS Sedunia #AIDS #HIV #ODHIV