Sabtu, 27 April 2024

Dinkes dan KORMI Sidoarjo Adakan Tes Kebugaran dan Senam Bersama

Diunggah pada : 7 Oktober 2022 13:12:09 56
Pembudayaan Aktivitas Fisik pada Kelompok Olahraga dan Penggunaan SIPGAR, di GOR Delta Sidoarjo, Jumat (7/10/2022). Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom – Selain menggelar penggerakan pembudayaan aktivitas fisik pada kelompok olahraga dan penggunaan Sistem Informasi Kebugaran (SIPGAR), Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo bersama Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan senam bersama di GOR Delta Sidoarjo, Jumat (7/10/2022). 

Senam yang dilakukan adalah SABI (Senam Ayo Bergerak Indonesia) dan Senam Asma. Hadir dalam kegiatan ini Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman; Ketua KORMI Jatim, Hudiyono; dan Ketua Yayasan Asma Indonesia (YAI) Pusat, Poppy Hayono Isman. 

Ketua KORMI Kabupaten Sidoarjo, Hadi Sucipto menjelaskan, “SABI ini adalah senam andalan KORMI. Senam ini mulai dilupakan, tapi Sidoarjo tetap bertahan. Musik dan gerakannya itu nusantara.”

Mengenai senam asma, Hadi menjelaskan bahwa tim Senam Asma Sidoarjo berhasil mendapat medali emas juara nasional dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VI di Palembang. 

“Jadi senam asma ini yang kita kembangkan. Setiap minggu pagi di GOR ini kita adakan senam untuk seluruh masyarakat, terutama yang punya gangguan asma. Kami juga ada MoU kerja sama antara Direktur RSUD Sidoarjo dengan KORMI, bahwa bagi masyarakat yang pernah dirawat di rumah sakit umum dan sudah pulang ini dianjurkan untuk ikut senam. Kami yang akan mempertahankan mereka tetap sehat dan tidak kena asma lagi,” jelas Hadi. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Sri Andari E menambahkan bahwa pihaknya akan terus membudayakan kegiatan serupa. 

“Apalagi selama pandemi, masyarakat kita tidak melakukan aktivitas secara maksimal. Kami ingin mengajak masyarakat untuk aktif memaksimalkan kebugaran. Kalau masyarakat semangat dan Bahagia, maka imunnya meningkat dan kesehatannya terjaga,” katanya. (idc/n)

#KORMI Jatim #kormi #SIPGAR