Kamis, 6 Oktober 2022

Cerita Tim Dagongan Jatim, Diet Turunkan Berat Badan hingga Menang Lawan Tuan Rumah

Diunggah pada : 4 Juli 2022 19:45:07 181
Tim Dagongan Jawa Timur dalam FORNAS VI Palembang

Jatim Newsroom - Jawa Timur menang melawan tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI, Sumatera Selatan dalam kompetisi Dagongan. Dagongan adalah salah satu jenis olahraga yang tergabung dalam Induk Organisasi Olahraga (Inorga) Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina). 

Melansir warisanbudaya.kemdikbud.go.id, Dagongan adalah jenis permainan tradisional rakyat Minahasa. Dagongan memiliki arti tolak menolak. Peralatan yang diperlukan dalam permainan ini yaitu berupa bambu gading yang lurus dan ruas-ruasnya harus dibersihkan supaya tidak terdapat cabang yang membahayakan pada waktu tolak menolak.  

"Olahraga ini menyerupai tarik tambang, tapi pakai batang bambu dan didorong. Lalu sistemnya itu harus 2 kali menang, bergantian tempatnya," ujar Perwakilan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Surabaya di Bidang Olahraga Tradisional,  Triwibowo.

Selain itu, lanjut Triwibowo, keunikan Dagongan adalah adanya persyaratan maksimal berat badan. "Rentang berat badan itu di 40-60 kg. Itu ada yang semangat sekali sampai diet untuk bisa ikut. Selama 1 bulan itu dia diet dari 65kg sampai 60kg," ceritanya. 

Di Dagongan ini, Jatim memberangkatkan tim perempuan sebanyak 5 orang dan 1 cadangan. "Usianya macam-macam, ada ibu-ibu PKK dan pelajar," jelas Bowo. (idc/n)

#KORMI Jatim #fornas #palembang #dagongan