Selasa, 30 April 2024

Berhasil Runner Up FORNAS VII, Gubernur Jatim Hadiahkan Sekretariat Baru untuk KORMI Jatim

Diunggah pada : 30 Juli 2023 11:16:05 122
Sumber Foto: Bidang Media dan Promosi KORMI Jawa Timur

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan hadiah berupa kantor sekretariat baru kepada Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jatim yang terletak di Jalan Bandilan No.6, Waru, Sidoarjo. Hadiah ini diberikan setelah mampu membawa Provinsi Jawa Timur berhasil menjadi runner up atau juara kedua di event Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VII di Jawa Barat pada awal Juli 2023 lalu

"Terima kasih pada seluruh pegiat olahraga masyarakat dan seluruh official khususnya kontingen KORMI Jatim yang telah memberikan upaya terbaiknya mewakili Jawa Timur di ajang Fornas VII sehingga Jatim bisa menyabet Juara II. Semoga dengan sekretariat baru bisa menambah semangat untuk menjadikan olahraga masyarakat di Jawa Timur lebih masif dan bisa lebih berprestasi,” kata Gubernur Khofifah, Minggu (30/7/2023). 

Acara peresmian kantor baru tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman yang hadir sekaligus meresmikan. Dalam sambutannya, mantan Menpora RI periode 1993-1998 itu berharap pada KORMI Jatim bisa lebih menguatkan aspek teknologi informasi. 

"Semoga setelah punya sekretariat yang baru ini, KORMI Jatim semakin kuat di IT-nya. Bisa menginformasikan lebih cepat program dan kegiatan, khususnya pembinaan olahraga masyarakat di Jawa Timur," jelas Hayono Isman melalui rilis Bidang Media dan Promosi KORMI Jawa Timur. 

Seremoni peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum KORMINAS didampingi Ketua KORMI Jatim, Hudiyono beserta jajaran pengurus dan Kadispora Jatim, M. Ali Kuncoro. Dilanjutkan pengguntingan pita sebagai simbolis peresmian kantor baru dan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur. 

Hudiyono mengaku bersyukur atas pemberian sekretariat baru untuk KORMI Jatim oleh Gubernur Jawa Timur. "Alhamdulillah, terima kasih Ibu Gubernur yang telah memberikan kantor baru untuk KORMI Jatim," ungkapnya. 

Selama ini, kata dia, sekretariat KORMI masih menumpang di kantor Dispora Jatim di Jalan Kayoon. "Semoga dengan punya kantor sekretariat baru ini, kinerja KORMI Jatim ke depan bisa semakin luar baisa," ujar Hudiyono.  

Seperti diketahui, di tengah kesederhanaan fasilitas yang dimiliki KORMI Jatim selama ini, melalui koordinasi dan pembinaan, para pegiat olahraga masyarakat Jawa Timur yang mayoritas mandiri berhasil memberikan prestasi terbaiknya. Salah satunya menjadi runner up di FORNAS VII Jawa Barat. 

Hasil klasemen akhir Provinsi Jawa Timur berada di posisi kedua atau runner up di bawah tuan rumah Jawa Barat dan di atas DKI Jakarta di posisi ketiga. Jumlah perolehan medali Jawa Timur sebanyak 71 emas, 69 perak, dan 64 perunggu dengan total keseluruhan 204 medali. 

Rasio Perolehan Medali Jawa Timur Tertinggi di FORNAS VII 2023 Jawa Barat. Dari tiga besar provinsi peraih medali tertinggi di FORNAS VII Jawa Barat, rasio perolehan medali Jawa Timur tertinggi mengungguli tuan rumah Jawa Barat dan pesaing ketat DKI Jakarta. Secara kuantitas jumlah penggiat Jawa Barat dan DKI Jakarta tertinggi, dan Jawa Timur di posisi ketiga. Namun secara kualitas dari rasio perolehan medali dibanding jumlah penggiat, para atlet Jawa Timur memiliki persentase tertinggi mencapai 12,57 persen dibanding DKI Jakarta 8,69 persen dan Jawa Barat 7,8 persen. Artinya, dari 100 atlet atau penggiat asal Jawa Timur, 12,57 orang mendapatkan medali. (idc/s) 

 

#KORMI Jatim #fornas