Kamis, 1 Desember 2022

Bangun Ekosistem Digital, Kominfo RI Pertemukan Startup dan Pemda di Jatim

Diunggah pada : 21 September 2022 13:54:47 76
Kepala Diskominfo Jatim dalam acara Networking Session HUB.ID Accelerator, di Surabaya, Rabu (21/9/2022).

Jatim Newsroom - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggelar Networking Session HUB.ID Accelerator, di Surabaya, Rabu (21/9/2022). 

Kegiatan networking session ini digelar untuk mempertemukan dan memfasilitasi startup HUB.ID Accelerator dengan perwakilan pemerintah daerah, korporasi swasta di daerah, akademisi, dan pelaku industri lainnya dengan metode 1 on 1 session. Dengan demikian, dapat membantu meningkatkan aktivitas ekonomi digital di daerah, termasuk Jawa Timur melalui bisnis startup digital. 

Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan bahwa pihaknya akan konsisten mengembangkan startup digital dari hulu ke hilir. 

"Maka, kami mengundang seluruh pihak yang terlibat HUB.ID untuk menyukseskan transformasi digital. Kita harus terus bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan inovasi startup digital di Indonesia. Kita wujudkan Indonesia terkoneksi. Semakin digital, semakin maju," ujarnya. 

Mengamini Dirjen Samuel, Kepala Dinas Kominfo Jatim, Hudiyono menggarisbawahi pentingnya penguatan ekosistem digital, terutama untuk menyejahterakan masyarakat. 

"Kita semua sepakat untuk membangun ekosistem dunia maya, mulai dari perluasan akses, fiber optic dll. Dalam membangunnya, harus kita hadapi dengan keguyuban, kerukunan, dan membangun jejaring seperti ini, bukan hanya berhenti pada persoalan teknis," ungkap Kadis Hudiyono. 

Ia juga menerangkan mengenai Milenial Job Center (MJC) yang merupakan program Pemprov Jatim sebagai upaya pengembangan kompetensi bagi pemuda yang menekankan pada On the Job Learning dengan memberikan kesempatan pekerjaan temporer berbayar dari klien dunia usaha atau organisasi. 

"Kita menguatkan MJC yang bisa jadi tempat para startup untuk bersinergi, berkomunikasi, dan bekerja sama. Kita siapkan mentor dan jejaringnya, juga talentanya," kata Hudiyono. 

Untuk memperluas pasar dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, akan dilaksanakan tahapan Networking Session di 5 (lima) kota lainnya yaitu Balikpapan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan, dan Bandung. 

Adapun 13 startup yang hadir di Surabaya ini antara lain PasarMIKRO, Amoda, Verihubs, Kecilin, Eratani, Quipster, Amtiss, Jasaconnect, Grouu, Rakamin, Djoin, Looyal, dan Mileapps. (idc/n)

#Kadis Kominfo Jatim #startup