Jumat, 1 Maret 2024

Ada 4 Kriteria Puasa Kita Diterima Allah SWT

Diunggah pada : 17 April 2023 20:00:57 1372
Ustadz H Imam Mukojali saat menyampaikan kajian menjelang berbuka puasa hari ke-26 Ramadan 1444 H, di Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur, Senin (17/4/2023). Foto : Rafli JNR

Jatim Newsroom - Ada empat ciri atau kriteria puasa diterima oleh Allah SWT. Pertama, amanah dalam menyalurkan sebagian rejeki kepada yang berhak. Kedua, menahan amarah dan hawa nafsu. Ketiga, memaafkan kesalahan orang lain. Keempat, berbuat kebajikan.

Ustadz H Imam Mukojali menyampaikan, hal tersebut dalam kajian menjelang berbuka puasa hari ke-26 Ramadan 1444 H, di Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur, Senin (17/4/2023).

Kriteria pertama yaitu amanah dalam menyalurkan rejeki kepada yang berhak, baik dalam kondisi mampu maupun tidak. "Jadi bahkan ketika orang-orang yang tidak mampu ini terketuk hatinya untuk menyisihkan harta bendanya untuk dikeluarkan di jalan Allah SWT, maka ini ciri ibadah puasanya insyaallah diterima Allah SWT," terangnya.

Kedua, lanjut Imam, menahan amarah dan hawa nafsu. "Manusiawi jika ada problem besar, kemungkinan bisa marah, bisa emosi. Tetapi ketika ingat bahwa sedang berpuasa dan kemudian menahan amarah, pada saat itulah Allah SWT memberi catatan yang mulia," tuturnya.

Kriteria berikutnya adalah memaafkan kesalahan orang lain. "Saat ramadan inilah kita secepatnya meminta maaf atas kesalahan-kesalahan kita kepada orang lain. Jangan menunggu lebaran. Sangat mulia orang-orang memaafkan kesalahan orang lain," ujar Imam.

Terakhir, ketika senantiasa berbuat kebajikan atau berbuat baik kepada siapapun. Ia menjelaskan, Rasulullah SAW tidak hanya baik kepada sesama muslim, tapi untuk sesama manusia, bahkan seluruh alam.

"Rahmat Allah SWT sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat kebajikan. Niat baik saja sudah dicatat, apalagi sampai amal ibadah itu dilakukan, maka niat itu akan sampai pada kemaslahatan," jelasnya. (idc/n)

#Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur #Kajian Ramadan