Selasa, 23 Juli 2024

Kajian Jelang Berbuka di Masjid Islamic Center Bahas Keutamaan Berbagi saat Ramadan

Diunggah pada : 12 Maret 2024 22:47:39 138

Jatim Newsroom- Hari pertama kajian Ramadan jelang buka puasa di Masjid Islamic Center Surabaya, membahas tentang tentang keutamaan di Bulan Ramadan yang diantaranya berbagi dengan sesama.

Kajian tersebut menampilkan pembicara Dr KH Sudjak M.Ag yang juga pengurus Masjid Al Akbar Surabaya.  Dalam kajiannya ia menyampaikan bahwa Rasulullah Muhammad SAW berpesan bahwa Ramadan adalah bulan yang agung dan bulan yang penuh keberkahan, dimana di dalamnya ada satu malam yaitu malam Lailatul Qodar, oleh karena itu diharapkan seluruh umat Islam bisa berbagi.

" Rasulullah Muhammad SAW berpesan bahwa dengan keagungan dan keberkahan Ramadan yang didalamnya ada malam seribu bulan maka orang memasuki bulan Ramadan  diharapkan semua bisa berbagi dengan masyarakat yang tidak mampu," kata Dr KH Sudjak M.Ag di Masjid Islamic Center Surabaya, Selasa(12/3/2024).

Dikatakanya, Rasulullah Muhammad SAW mencontohkan orang yang memberikan buka puasa pada orang yang puasa di bulan Ramadan ada tiga nilai." Nilai yang pertama adalah diampuni dosa, nilai kedua adalah kebaikan dengan jaminan dibebaskan dari siksaan api neraka, dan nilai ketiga adalah diberi pahala sama dengan orang yang berpuasa," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pesan-pesan Rasulullah Muhammad SAW di bulan suci Ramadan sedapat mungkin bisa kita terapkan. " Agar kita semua mendapatkan keberkahan di bulan Ramadan.

Jamaah sangat antusias mengikuti hari pertama kajian menjelang buka di Masjid Islamic Center di bulan Ramadan. Kajian tersebut akan terus berlangsung selama bulan Ramadan dan setelah kajian para jamaah bisa menikmati takjil gratis serta ba'da sholat Maghrib berjamaah dilaksanakan  berbuka puasa bersama. (mad/hjr)

#Kajian Ramadan #Ramadan 1445 H #Ramadan 2024