Jumat, 3 Mei 2024

UPT Sosial Tresna Werdha Pasuruan Jaring Calon Penerima Manfaat

Diunggah pada : 4 Juli 2023 12:35:04 34

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Pasuruan Dinas Sosial Jatim melakukan seleksi calon penerima manfaat (PM) di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya.

Seleksi dilakukan oleh Tim Jatim Social Care (JSC) UPT PSTW Pasuruan yang terdiri dari Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Sosial, Kasi Pelayanan Sosial, pekerja sosial fungsional, dan asisten perawat.

Mengawali seleksi, Tim JSC UPT PSTW Pasuruan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Liponsos Keputih Surabaya, Imam Muhaji. Selanjutnya, tim JSC melakukan identifikasi di ruang yang telah disiapkan oleh petugas dengan didampingi Pembimbing Barak, Fuada dan Siti. 

Proses seleksi calon PM dimulai dengan melakukan identifikasi menggunakan teknik wawancara serta observasi yang dilakukan oleh pekerja sosial fungsional, kemudian asisten perawat melakukan cek tekanan darah dan berat badan. Terakhir, dilakukan observasi kondisi fisik mulai dari cara berjalan, kondisi penglihatan, kondisi pendengaran, serta kondisi penyakit yang dialami, karena biasanya lanjut usia memiliki berbagai macam penyakit yang dialami. 

Pada proses seleksi kali ini, identifikasi dilakukan kepada 4 orang calon PM perempuan dan 12 orang calon PM laki-laki, yang mana semua calon PM termasuk dalam kategori lanjut usia terlantar dengan berbagai macam kondisinya. 

Kepala UPT PSTW Pasuruan, Cicih Suarsih, Selasa (4/7/2023) menyampaikan, proses seleksi merupakan kegiatan yang penting untuk melihat kelayakan calon PM.  

“Kami berusaha melakukan seleksi dengan baik, tentunya proses seleksi itu tidak mudah karena melihat betapa banyaknya calon PM yang diseleks. Tetapi tidak semua dapat kami bawa ke UPT PSTW Pasuruan karena melihat kondisi serta ketentuan persyaratan. Dari hasil seleksi akan kami laporkan serta koordinasikan terlebih dahulu dengan pemangku kebijakan di UPT PSTW Pasuruan,” ucapnya. (her/s)

#dinsos jatim