Minggu, 19 Mei 2024

UPT Sosial Bina Remaja Jombang Beri Konseling Penerima Manfaat

Diunggah pada : 13 November 2023 14:57:43 14
Psikolog Pemprov Jatim-UPT PSBR Jombang Lakukan Konseling Berseri

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja (UPT PSBR) Jombang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melaksanakan konseling terjadwal bagi para Penerima Manfaat (PM).

Untuk kenyamanan terapis dan PM, konseling dilakukan di ruang Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Sosial (Yansos). Jumlah PM yang memerlukan konsultasi sebanyak empat orang. Mereka melakukan konseling dengan psikolog dengan didampingi staf Seksi Yansos, Setyohadi.

Para PM yang melakukan konseling adalah mereka yang melakukan konseling dua minggu sebelumnya secara tatap muka. Namun, mereka juga melakukan konseling di luar jadwal itu melalui WhatsApp. Metode manajemen waktu tersebut dilakukan dengan tujuan terapi self-healing, serta menjaga, dan menahan diri PM sampai waktu yang ditentukan.

Kepala UPT PSBR Jombang, Nenti Sarjanti, sangat mengapresiasi insiatif tinggi psikolog RSUD Kab Jombang, CH. Widayanti, yang bertugas membantu dalam memberikan dukungan psikis PM UPT.

"Selain para pekerja sosial profesional yang ada di UPT bertindak sebagai konselor, tentulah peran psikolog dalam perkembangan dinamis usia remaja PM sangat signifikan terhadap mereka. Masing-masing profesi memiliki ranah garapan sendiri, yang saling bantu secara resiprokal. Ke depan, jika semakin berat tantangan kebutuhan kesehatan mental para PM, tentunya kami harus mulai berpikir untuk memanfaatkan tenaga psikiater," pungkasnya. (her/s) 

#dinsos jatim