Sabtu, 27 April 2024

UPT PPSPA Batu Beri Konseling pada Penerima Manfaat

Diunggah pada : 22 Maret 2024 5:31:48 45
UPT PPSPA Batu Beri Konseling pada Penerima Manfaat

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) Batu Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengadakan kegiatan konseling terhadap penerima manfaat anak yang berperilaku menyimpang.

Perilaku menyimpang yang dimaksud adalah tindakan yang melanggar cita-cita bersama, sehingga perilaku tersebut dianggap menodai kepribadian kelompok dan pelaku akan diberikan sanksi tertentu.

Terkadang beberapa peserta tetirah melakukan perilaku menyimpang, seperti mencuri uang milik orang lain. Ada pula yang berperilaku jahil dengan menurunkan celana temannya. Perilaku ini dianggap pekerja sosial (peksos) sebagai perilaku negatif yang harus segera diberikan penanganannya.

Peksos UPT PPSPA Batu, Warsiyah, menyampaikan, peserta tetirah biasanya diajak untuk masuk ke ruang peksos. Kemudian mereka diberikan kesempatan untuk menjelaskan alasan-alasan dari perilaku buruk yang telah dilakukannya terhadap orang lain.

Salah satu peserta tetirah mengaku, perilakunya jahil kepada temannya itu ini hanya bersifat bercanda dan tidak ada maksud yang lain. Namun, perilaku tersebut tidak disenangi dan menjadi salah satu bentuk merundung kepada teman.

“Untuk perilaku mencuri, mereka mengaku karena mengkuti teman yang lain. Dan uang yang didapatkan pun dibagi bersama. Dari kegiatan konseling ini, mereka menjadi sadar akan perilakunya dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi,” tutur Warsiyah.(her/s)

#dinsos jatim