Jumat, 3 Mei 2024

UPT PPSAB Sidoarjo Asah Kemandirian Balita

Diunggah pada : 7 Juli 2023 11:18:57 92
(UPT PPSAB) Sidoarjo Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengasah kemandirian penerima manfaat (PM) balita dengan mengajarkan mereka makan sendiri

Jatim Newsroom- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita (UPT PPSAB) Sidoarjo Dinas Sosial (Dinsos) mengasah kemandirian penerima manfaat (PM) balita dengan mengajarkan mereka makan sendiri, Kamis (6/7/2023) pukul 11.00 WIB.

Kegiatan ini dilakukan di Ruang Makan Asrama Balita UPT PPSAB Sidoarjo. Dalam kegiatan tersebut, PM balita usia 3-5 tahun diajarkan dan diawasi langsung oleh pengasuh yang bertugas, Anggi Dika Ulandari.

Pembiasaan ini dilakukan di setiap jam makan pagi, siang, dan sore. Siang ini, para PM balita memasuki ruang makan lalu duduk di kursi yang sudah sesuai dengan nama dan peralatan makannya. Sebelum makan d mulai, mereka membaca doa sebelum makan secara bersama-sama, lalu minum air putih terlebih dahulu, kemudian menyuapkan makanan ke dalam mulut mereka.

Dengan telaten pengasuh yang bertugas mengarahkan dan membantu PM balita yang kesusahan. Pasalnya, ada beberapa dari mereka yang kesusahan untuk melahap makanannya, seperti posisi sendok ketika masuk ke dalam mulut, memotong lauk menggunakan sendok, dan lain-lain. 

Kepala UPT PPSA Balita Sidoarjo, Mochamad Muridan, Jumat (7/7/2023) menyampaikan, kegiatan ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi mereka, karena dapat melatih motorik halus, melatih fokus, mengenali porsi makannya sendiri, dan belajar bagaimana cara memecahkan masalah. 

“Agar kelak, mereka dapat tumbuh menjadi anak yang tidak selalu bergantung pada orang lain,” tuturnya. (her/s) 

#dinsos jatim