Selasa, 7 Mei 2024

UPT PPSAA Situbondo Bahas Kelayakan Calon Penerima Manfaat

Diunggah pada : 14 Juni 2023 12:23:20 12

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Anak (UPT PPSAA) Situbondo Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengadakan kegiatan rapat case conference an dipandu pekerja sosialatau temu bahas kasus tentang kelayakan calon penerima manfaat (PM).

Kegiatan ini dipimpin Kepala Seksi Perlindungan Sosial, dan dihadiri pekerja sosial serta seluruh petugas survei dan seleksi, yang berlangsung di ruang Aula UPT PPSAA Situbondo, Rabu (14/6/2023).

"Setelah melakukan kegiatan identifikasi dan seleksi pada beberapa waktu lalu, tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan oleh UPT PPSAA Situbondo adalah menentukan calon PM yang layak atau eligible dan memenuhi syarat menerima pelayanan sosial," ujar Kepala Seksi Perlindungan Sosial Susi Hariyanti.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan juga karena jumlah berkas pendaftar yang masuk melebihi jumlah kuota yang tersedia, sehingga perlu dibahas untuk menentukan calon PM yang paling membutuhkan. Penentuan calon PM menggunakan metode kualitatif dengan penilaian beberapa poin atau variable, di antaranya jumlah penghasilan dan pekerjaan orang tua, status kepemilikan rumah, cicilan atau jumlah tanggungan keluarga, aset yang dimiliki, bantuan sosial lain yang diterima seperti PKH, BPJS, Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan catatan lain seperti pernah putus sekolah.

"Rapat berjalan dengan lancar. Semua pegawai menyampaikan hasil survei sesuai apa yang ada di lapangan dan dinilai bersama. Hingga kemudian disepakati bersama siapa saja calon PM yang lolos seleksi.," kata Susi.

“Harapannya calon PM yang terpilih dapat segera hadir di asrama untuk mulai melaksanakan masa orientasi mengingat pendaftaran sekolah sudah dekat,” imbuhnya. (her/s)

#dinsos jatim