Jumat, 20 September 2024

UK Petra Surabaya Jadi Destinasi Belajar 22 Pustakawan Maldives

Diunggah pada : 29 Juli 2024 21:02:49 57
Chandra Pratama Setiawan, Pustakawan PCU saat menjelaskan materi tentang Librarian Role in Research Support Services kepada para librarian Maldives National University. Foto ; Humas UK Petra Surabaya

Jatim Newsroom - Kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya atau biasa disebut Petra Christian University (PCU) menjadi destinasi belajar sejumlah 22 orang pustakawan dari Maldives National University, Benua Asia, pada Senin (29/7/2024). Mereka memperkaya dan melakukan pengembangan perpustakaannya di kampus PCU Surabaya. 

Melalui pers rilis UK Petra Surabaya, disampaikan bahwa kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB di Laboratorium T-D, Gedung T lantai 4, kampus PCU, 22 pustakawan tersebut, mengikuti Maldives Library dan Information Professional Development Program.

Kepala Perpustakaan PCU, Dian Wulandari, menyampaikan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara PCU Library dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur, yang menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan lokakarya maupun menyiapkan perpustakaan yang akan dikunjungi.

“Di sini, sebanyak 22 orang dari Maldives National University akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pengembangan perpustakaan mereka. Mulai dari mahasiswa, dosen, pustakawan hingga calon pustakawan tak hanya belajar mengenai manajemen perpustakaan saja, tapi mereka juga berkesempatan bertukar pengalaman dengan para pustakawan Indonesia,” kata Dian.

Diketahui, para delegasi Maldives ini akan berada di Surabaya dan Malang selama tujuh hari. Saat di PCU Surabaya, mereka mengikuti kegiatan 'Workshop on Librarian Role in Research Support Services', dengan pembicara seorang Pustakawan dan Ranking Manager PCU Chandra Pratama Setiawan. Dikatakan Chandra, selama tiga jam, para peserta diajak mengenal apa itu Research Support Service (RSS), dan layanan apa saja yang bisa mendukung penelitian yang ada di universitas.

Suasana Workshop on Librarian Role in Research Support Services di PCU. Foto : Humas UK Petra Surabaya

“Peserta kami ajak praktik secara langsung tentang bagaimana memberikan layanan dukungan penelitian di era digital saat ini, serta melihat research gap dan novelty atau keterbaruan topik penelitian melalui aplikasi VOSViewer,” ungkap Chandra. 

Sedangkan, Assistant Professor Maldives National University (MNU) yang sekaligus salah satu peserta dalam lokakarya, bernama Aminath Riyaz mengungkap, bahwa masih belum banyak professional librarian di tempat asalnya itu.

“Kami senang datang ke PCU untuk belajar, apalagi tahun lalu MNU baru saja punya lulusan angkatan pertama di bidang ilmu perpustakaan dan informasi,” kata Aminath.

Aminath juga menyebut, yang diajaknya ke PCU ini merupakan para future leader MNU. “Mereka adalah calon-calon pemimpin di bidang library and information studies. Harapannya dengan kerja sama ini, mereka dapat banyak belajar hal baru dan menerapkannya ketika kembali ke Maldives,” cerita Aminath yang mendapat gelar doktor di bidang Information Studies ini.

Diketahui, setelah selesai belajar, para peserta dari benua Asia ini pun diajak berkeliling melihat berbagai macam fasilitas yang ada di Perpustakaan PCU. (vin/s)

#UK Petra Surabaya #Petra Christian University #PCU