Senin, 6 Mei 2024

Tim Jatim Social Care UPT PSTW Jangkau Lansia Terlantar

Diunggah pada : 16 Juni 2023 14:51:20 126
Tim JSC UPT PSTW Jombang Dinsos Jatim Jangkau Lansia Terlantar

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui tim Jatim Social Care (JSC) Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Jombang asrama Pare Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim melakukan penjangkauan terhadap Sumari, di Desa Gadungan Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri.

Sumari tinggal bersama ibu kandungnya di rumah yang kini sudah dijual ke adiknya. Tetapi, dia beserta ibunya masih dapat menempati sampai ibunya meninggal nanti. Dengan kondisi demikian, putrinya melaporkan Sumari ke UPT PSTW Jombang asrama Pare untuk mendapatkan pelayanan. 

Sumari mempunyai 3 anak, 1 anak dari istri pertamanya, dan 2 anak dari istri keduanya. Putri pertama dari Sumari sebenarnya tidak keberatan dengan merawat bapaknya, tetapi karena ibunya sudah tinggal bersamanya jadi ditakutkan adanya konflik, dan menyakiti hati ibunya dengan membuka luka lama. Sedangkan istri kedua dan dua putranya sudah tidak mempedulikan Sumari lagi. 

Penjangkauan Tim JSC UPT PSTW Jombang asrama Pare merupakan tindak lanjut dari laporan putri dari Sumari sendiri. Dalam penjangkauan ini Tim JSC memberikan motivasi kepada Sumari agar mau tinggal di UPT PSTW Jombang untuk mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhannya tanpa harus merepotkan sanak saudaranya. 

“Inggih, saya manut. Saya manut atas kemauan anak saya karena dari kecil dia juga tidak pernah saya rawat. Kulo sadar putri kulo luwih abot ibu’e (Saya sadar karena anak saya lebih berat kepada ibunya, red),” tutur Sumari dalam memakai Bahasa Jawa.

Kepala UPT PSTW Jombang,  Ide Karjanti Kamis (15/6/2023) berpesan agar tim JSC UPT PSTW Jombang asrama Pare dalam melakukan penjangkauan harus dapat memahami situasi calon PM dan keluarga PM. “Harapannya, dengan penjangkauan ini permasalahan terlapor dan pelapor dapat teratasi,” tegasnya. (her/s) 

#dinsos jatim