Jumat, 17 Mei 2024

Tes Kemampuan Orientasi Mobilitas,PERTUNI Lumajang, Jajal Track Bombastis

Diunggah pada : 16 Agustus 2022 12:31:06 103
Tes Kemampuan Orientasi Mobilitas,PERTUNI Lumajang, Jajal Track Bombastis

Jatim Newsroom - Penasaran dengan inovasi Belajar Orientasi Mobilitas Bagi Disabilitas Netra dan Komunitas (BOMBASTIS) di Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Dinsos Jatim, Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI) Lumajang berkunjung dan mencoba track Bombastis, Senin (15/8/2022).

Tiga orang dari Pertuni Lumajang lakukan trial track Bombastis, yang terdapat jalan halang rintang, tangga naik turun, jalan menanjak dan jalan menurun. Didampingi oleh instruktur Bombastis, mereka lanjut mencoba track bombastis dengan mengenakan penutup mata, rompi, dan memegang tongkat tunanetra.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, Selasa (16/8/2022) menjelaskan, track Bombastis ini adalah wujud untuk mengajarkan konsep (OM) orientasi mobilitas dengan melibatkan instruktur, pekerja sosial, care giver, keluarga, dan masyarakat.

"Dengan mencoba track bombastis, keluarga atau masyarakat akan merasakan bagaimana rasanya disabilitas netra (distra) melakukan orientasi mobilitas. Dipastikan hal ini akan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat untuk bisa peduli dan mengajarkan orientasi mobilitas kepada distra. Selain itu juga bermanfaat sekali bagi teman-teman disabilitas netra contohnya yang dilakukan teman-teman Komunitas Pertuni Lumajang ini" ujarnya.                      

Salah satu anggota Pertuni yang melakukan trial track Bombastis, Ali Mahmudi, sangat mengapresiasi adanya inovasi Bombastis ini.
 
"Jujur rasanya deg-degan, seru dan penuh tantangan, seperti track tangga naik turun, track polisi tidur, jalan berkelok, dengan adanya track bombastis ini jelas sangat membantu untuk percepatan teman-teman disabilitas netra mengenal lingkungan sekitar ketika mereka nanti terminasi dari sini,"pungkasnya.(her/s)

#dinsos jatim