Senin, 6 Mei 2024

Terima Bantuan Kaki Palsu dari Gubernur Khofifah, Penjaga Istana Gebang Bung Karno Semringah

Diunggah pada : 7 Februari 2024 10:46:55 21
Agus Pristiono, penjaga Istana Gebang Bung Karno tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya saat mencoba bantuan kaki palsu dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Jatim Newsroom - Agus Pristiono, penjaga Istana Gebang Bung Karno tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya saat mencoba bantuan kaki palsu dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. 

Bantuan itu diserahkan tim Dinas Sosial (Dinsos) Jatim di Istana Gebang Kota Blitar, Selasa (6/2/2024). Tim Dinsos Jatim yang hadir kali ini antara lain, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Jatim M. Arif Ardiansyah, tim Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Pelayanan Sosial Bina Remaja (PSBR) Blitar Sulastri, Kepala Seksi Pelayanan Sosial UPT PSBR Blitar Sukajar, Pekerja Sosial UPT PSBR Blitar Rofiq Qomarudin, dan tim Sabi Bisa! UPT Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (RSBD) Pasuruan yang membuat prothese kaki palsu tersebut.

Hadir pula, Tim Jatim Social Care (JSC) Dinsos Jatim, serta pilar sosial Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), dan Pelopor Perdamaian.

Setelah tim Sabi Bisa! UPT RSBD Pasuruan, Sucipto, memasangkan kaki palsu di kaki kiri Agus, dia berusaha berjalan sambil menggunakan kruk. Setelah itu, dia mencoba berjalan tanpa kruk. Awalnya memang canggung, tetapi setelah beberapa langkah, ia bisa menyesuaikan diri dengan kaki palsunya.

“Saya merasa senang dan gembira sekali, sekarang bisa beraktivitas jalan kaki dan bisa memandu tamu-tamu yang berkunjung di Museum Istana Gebang,” ucapnya. 

Sebelumnya, Agus memakai kruk dalam membantu mobilitasnya sehari-hari. Dia mengaku merasa ada kesulitan dalam berjalan. Setelah kaki palsu ini dia terima dan dipasang, Agus merasa nyaman tanpa bantuan kruk lagi. 

“Terima kasih ibu gubernur dan Dinsos Provinsi Jatim karena kaki palsu sudah saya terima. Semoga ibu gubernur sehat selalu dan banyak rezekinya. Amin,” tuturnya.

Kepala Dinsos Jatim  Restu Novi Widiani  melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Jatim M. Arif Ardiansyah S menjelaskan, penyerahan kaki palsu ini dilakukan guna menindaklanjuti arahan serta petunjuk dari Gubernur Khofifah. Bekerja sama dengan pilar-pilar sosial, UPT RSBD Pasuruan, dan UPT PSBR Blitar, Dinsos Jatim melaksanakan sejumlah tahapan. Yakni, penjangkauan dan pengukuran kaki palsu pada Agus pada bulan November 2023, lalu dilanjutkan proses pembuatan kaki palsu oleh Sucipto yang ada di UPT RSBD Pasuruan.

“Dengan penyerahan bantuan ini kami berharap dapat memenuhi kebutuhan alat bantu mobilitas sebagai sarana aktivitas sehari-hari pak Agus selaku penjaga Museum Istana Gebang Bung Karno. Istana Gebang ini merupakan peninggalan sejarah Presiden RI pertama kita, Bung Karno. Dengan upaya ini harapannya pak Agus merasa nyaman dalam berjalan dan beraktivitas sehari-hari, serta tidak lagi menggunakan kruk,” ungkapnya. (her/s)

#dinsos jatim