Minggu, 25 September 2022

Talkshow Diskop-UKM Jatim Bahas 3 Permasalahan UMKM: Produksi, Pemasaran, dan Pembiayaan

Diunggah pada : 29 Juli 2022 15:00:04 86
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) terus menggelar forum untuk menyelaraskan persepsi antara penyedia permodalan/perbankan dengan para pelaku K-UMKM tentang pembiayaan/permodalan K-UMKM.

Selain itu, juga terus berupaya meningkatkan pemahaman para pelaku K-UMKM terhadap sumber-sumber pembiayaan/permodalan serta bagaimana cara mengaksesnya. Salah satunya Talkshow Pembiayaan dengan tema “Kemudahan Akses Permodalan Bagi K-UKM”, Kamis (28/7/2022) di Gedung Convention & Exhibition Grand City Surabaya.

Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian K-UKM Expo ke-9 dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur tahun 2022. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pembiayaan Diskop-UKM Jatim, Arif Lukman Hakim.

Sebagaimana dilansir dalam laman resmi diskopukm.jatimprov.go.id, Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa TimurSubianto mengatakan bahwa dari 3 (tiga) permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, di antaranya Produksi, Pemasaran, dan Pembiayaan sudah coba ditangani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan sebaik-baiknya.

“Untuk produksi, melalui pendampingan dari Diskop-UKM Jatim saya kira para pelaku UMKM sudah mampu menghasilkan produk yang mampu bersaing, baik itu dari packaging, mutu, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Kemudian dari Pemasaran, lanjut Subianto, pameran yang diikuti ini adalah salah satu ikhtiar dari dinas agar masyarakat atau penggiat UKM ada ruang untuk memasarkan barang produksinya, di samping ada juga kegiatan misi dagang ke Provinsi-Provinsi lain di Indonesia.

“Jawa Timur juga ada perwakilan dagang di luar pulau yang bisa dimanfaatkan, tidak ketinggalan pelatihan berbasis digital yang juga sudah dilakukan oleh Dinas Koperasi,” imbuhnya.

Untuk Pembiayaan, Diskop-UKM Jatim sudah berupaya untuk menggandeng semua perbankan yang ada untuk memberikan fasilitas permodalan. “Kami dari legislatif juga membentuk BUMD di antaranya Bank Jatim, Bank UMKM, kita juga punya program yang terus kita gaungkan yaitu Dagulir atau Dana Bergulir,” pungkas Subianto. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #koperasi