Jumat, 3 Mei 2024

Sukses Kembangkan Desa Wisata, Jatim Raih Merdeka Awards 2023

Diunggah pada : 30 Agustus 2023 19:32:41 234
Sumber Foto: Disbudpar Jatim

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapatkan penghargaan Merdeka Awards 2023 dari portal berita online Merdeka.com. Penghargaan diberikan atas berbagai capaian inovasi dari program pengembangan Desa Wisata di Jawa Timur. Penghargaan kategori Program Desa Wisata itu diterima oleh Asisten I Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Benny Sampirwanto, bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Kadisbudpar Jatim), Hudiyono di Jakarta mewakili Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (30/8/2023).

“Alhamdulillah, penghargaan ini semoga menambah semangat Pemprov Jawa Timur, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk terus berinovasi mengembangkan sektor pariwisata, khususnya melalui Desa Wisata yang jauh lebih baik,” kata Benny Sampirwanto. 

Hudiyono menambahkan, keberhasilan Jawa Timur meraih Merdeka Awards 2023 berkat dukungan penuh dari Gubernur Jawa Timur. “Di berbagai kesempatan, baik langsung maupun melalui media sosial, Ibu Gubernur selalu mempromosikan potensi wisata di Jawa Timur. Ini menambah semangat para pelaku industri pariwisata dan pengelola Desa Wisata untuk bisa terus berkolaborasi dan berinovasi,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Cak Hud ini juga mengapresiasi Desa Wisata di Jawa Timur yang kian berkembang. Salah satunya adalah keberhasilan meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Dari delapan Desa Wisata yang mendapatkan penghargaan ADWI 2023, salah satunya Desa Ketapan Rame di Kabupaten Mojokerto terpilih menjadi yang terbaik. Penghargaan dari Merdeka Awards ini semakin melengkapi keberhasilan Desa Wisata di Jawa Timur,” ujar Cak Hud melalui rilis Humas Disbudpar Jatim. 

Perlu diketahui, Merdeka Awards adalah sebuah ajang penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan. Tahun 2023 adalah ketiga kalinya merdeka.com menyelenggarakan acara penghargaan tersebut.

Terdapat beberapa kriteria dari Merdeka Awards 2023 yang menjadi dasar sehingga memberikan penghargaan Program Desa Wisata kepada Pemprov Jawa Timur. Di antaranya beberapa program yang telah dilaksanakan dalam pengembangan Desa Wisata di Jatim, seperti inovasi Demi Dewi (Akademi Desa Wisata) kolaborasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa serta Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur.

Selain itu ada pula program Zona Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP) yang merupakan produk wisata baru, dibangun oleh Klinik BUMDes Jatim dengan dukungan Pemerintah Provinsi Jatim dan pihak swasta. Zona KIP merupakan inovasi produk wisata sebagai penguatan Desa Wisata. Program One Village One CEO juga menjadi program Pemprov Jatim bekerja sama dengan IPB dalam mengidentifikasi keunikan yang dimiliki desa dengan manajerial keterampilan yang lebih baik. Harapannya, program tersebut dapat mendorong sebuah desa berubah status menjadi desa maju mandiri.

Program inovasi berbasis digital juga dilakukan dengan Virtual Tour melalui website eastjava.travel. Melalui aplikasi itu, para traveler bisa mengetahui daya tarik wisata dengan teknologi panorama 360 atau sering diistilahkan virtual tour. Virtual tour memudahkan melakukan simulasi lokasi wisata secara dekat, dengan melihat rangkaian video, gambar dan juga elemen multimedia lainnya seperti efek suara, narasi, dan teks. Tampilan dalam virtual tour itulah yang semakin memancing wisatawan untuk datang menikmati destinasi wisata aslinya. Terobosan ini membuat Pemprov Jatim juga meraih Tourism Entrepreneurial Award tahun 2023 oleh Markplus.inc. 

Keterlibatan masyarakat juga diwujudkan melalui Taruna Budaya sebagai ujung tombak pengembangan desa wisata. Barisan terdepan yang berkiprah dalam menggali dan menumbuhkan potensi seni budaya daerah dalam pengembangan desa wisata. Taruna Budaya adalah jejaring kader muda penggerak kemajuan budaya yang dibentuk Disbudpar Jatim sebagai wadah partisipasi dan peran aktif taruna/generasi muda dalam upaya-upaya pemajuan kebudayaan, pengembangan daya dukung pariwisata berbasis budaya dan pengembangan ekonomi kreatif. 

Program peningkatan kunjungan wisatawan juga dilakukan Disbudpar Jatim melalui Bursa Pariwisata. Ajang promosi desa wisata dilaksanakan juga pada tahun 2023 yang mengikutsertakan 50 desa wisata untuk dapat melaksanakan pameran di kegiatan Bursa Pariwisata yang diselenggarakan di Kota Surabaya. 

Lalu program Festival Dewi Cemara atau Desa Wisata Cerdas Mandiri Sejahtera juga digelar setiap tahun oleh Disbudpar Jatim. Dewi Cemara bertujuan untuk mempromosikan pengembangan dan promosi desa wisata di Jawa Timur menjadi desa wisata yang penduduknya cerdas, mandiri dan sejahtera. Selain itu produksi video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia Saja (BBWI) juga menjadi ajang promosi pariwisata Jawa Timur juga mendapatkan penghargaan dari Kemenparekraf RI. (idc/s)

#desa wisata #Disbudpar Jatim