Senin, 20 Mei 2024

Stafsus Angkie: Presiden Jokowi Pastikan Inklusivitas bagi Penyandang Disabilitas

Diunggah pada : 17 Juni 2022 12:22:54 70
Peluncuran Gerakan Bersama Penuntasan Layanan Dokumen Kependudukan Bagi Disabilitas untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif di Jawa Timur, Kamis 16 Juni 2022 di Hotel JW Marriot Surabaya. Foto: Herlambang JNR

Jatim Newsroom – Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia, menyampaikan bahwa Presiden RI, Joko Widodo memastikan bahwa transformasi kebijakan dan program yang menjamin inklusivitas penyandang disabilitas harus dapat terwujud, terus berjalan, dan bahkan meningkat. 

“Hal tersebut disampaikan Presiden RI pada Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember 2021 lalu,” ujar Angkie dalam acara peluncuran Gerakan Bersama Penuntasan Layanan Dokumen Kependudukan Bagi Disabilitas untuk Mewujudkan Masyarakat Inklusif di Jawa Timur, Kamis (16/6/2022) di Hotel JW Marriot Surabaya. 

Stafsus Angkie menerangkan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 yang sudah dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), jumlah penyandang disabilitas sebanyak 22,9 juta jiwa. Dari angka tersebut, Jatim menempati posisi ke-2 sebagai Provinsi yang memiliki penduduk disabilitas terbanyak. 

“Tahun lalu, kami bersama Dukcapil mengharmonisasi agar kelompok rentan ini diberikan NIK dan KIA supaya bisa mendapatkan vaksinasi. Dari situ kita belajar bahwa banyak sekali kelompok rentan belum mendapatkan haknya yaitu pelayanan dasar administrasi kependudukan. Akhirnya, gerakan bersama ini kami upayakan,” kata Angkie. 

Di akhir sambutannya, Angkie menegaskan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama. “Mudah-mudahan dilancarkan pendataannya. Mudah-mudahan progress-nya terus berjalan sehingga profilisasi penyandang disabilitas ini dapat terdata dengan baik,” imbuh Angkie. (idc/s)

#disabilitas #administrasi kependudukan