Minggu, 28 April 2024

Sebelum Masuki Purna Tugas, 465 PNS Pemkab Pasuruan Dapatkan Pembekalan

Diunggah pada : 18 Maret 2024 18:28:58 33
Foto : Kominfo Kabupaten Pasuruan

Jatim Newsroom - Sebelum memasuki masa purna tugas pada tahun 2024 ini, sebanyak 464 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan mendapatkan pembekalan dari Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Andriyanto, Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Senin (18/3/2024).

Andriyanto menyampaikan 3 pesan, pertama, agar para PNS yang akan purna tugas tetap produktif dengan melakukan banyak hal positif maupun hobi lama yang ditekuni kembali asal bukan olahraga yang ekstrim atau yang menguras fisik secara cepat. Kedua, agar senantiasa dapat menjaga kesehatan dengan cara mengatur pola makan, olahraga rutin dan istirahat yang cukup. Namun hal terpenting adalah pola pikir dalam menyikapi segala sesuatu yang tengah dihadapinya.

Dan ketiga, Andriyanto berharap agar para pegawai dapat memanfaatkan layanan yang ada di PT Taspen maupun Bank Jatim. Sebab di dalamnya ada banyak program yang diperuntukkan untuk para pensiunan pegawai negeri sipil.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pasuruan, Ninuk Ida Suryani menjelaskan, ratusan PNS Pemkab Pasuruan yang segera purna tugas tahun ini bukan hanya berasal dari Golongan I saja, namun beberapa pejabat Eselon II. Seperti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Hasbullah, Sekretaris DPRD, Moh. Ridwan yang akan purna tugas di awal bulan September mendatang. Berikutnya ada Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi, Hanung Widya Sasongko yang akan purna tugas pada bulan November 2024 dan lainnya.

"Dengan banyaknya pegawai yang purna tugas, Pemkab Pasuruan sudah mengusulkan rekruitmen CPNS maupun PPPK kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hasilnya, saat ini pihaknya tinggal menunggu persetujuan dari pusat. Yang jelas, usulan tersebut juga didasarkan beberapa pertimbangan di antaranya berdasarkan analisa jabatan dan beban kerja serta berdasarkan Batas Usia Pensiun," ujarnya.

Diketahui, dari 464 pegawai purna tugas, sebanyak 200 orang yang menghadiri pembekalan. Dengan rincian 142 pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kemudian 20 pegawai Dinas Kesehatan, RSUD Bangil dan RSUD Grati, 17 pegawai kecamatan dan 21 pegawai Inspektorat/Dinas/Badan/Bagian. (yan/s)

 

 

 

#kabupaten pasuruan