Sabtu, 27 April 2024

Satpol PP Kabupaten Pasuruan Catat 269 Kejadian Kebakaran di Tahun 2023

Diunggah pada : 9 Januari 2024 9:02:44 29
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasuruan mencatat setidaknya ada 269 kejadian kebakaran selama tahun 2023, sedangkan di tahun 2022, jumlahnya mencapai 127 kejadian

Dalam rilisnya hari ini, Selasa (9/1/2024), Kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Nurul Huda mengatakan, jumlah laporan kebakaran sepanjang tahun 2023 merupakan kejadian yang ditangani oleh PMK (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Pasuruan. Dari seluruh kejadian tersebut, paling banyak adalah kebakaran ilalang di lahan kosong. 

Dijelaskannya, kebakaran  yang terjadi di lahan kosong disebabkan karena faktor cuaca. Musim kemarau ditambah suhu yang sangat panas, mengakibatkan banyak percikan api. Belum lagi karena  warga yang membakar sampah maupun ilalang yang akhirnya merembet dan memperluas tingkat kebakaran itu sendiri. 

Hampir setiap hari kami mensosialisasikan larangan untuk membakar sampah meskipun di area terbuka," tegasnya. 

Lebih lanjut, Huda menegaskan bahwa dari seluruh kejadian kebakaran, tidak sampai ada korban jiwa. Namun, kerugian materil diperkirakan mencapai total sekitar Rp 10 miliar. Dengan banyaknya kejadian kebakaran dalam tahun 2023 kemarin, Huda mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati – hati dan waspada serta memperhatikan dampak yang diakibatkan dari keteledoran. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan