Senin, 15 Juli 2024

Purworejo Kunjungi Kominfo Jatim, Belajar Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik

Diunggah pada : 28 November 2023 13:48:48 56
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Purworejo, Yudhie Agung Prihatno menerima cindera mata dari Kepala Bidang Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Jatim, Assyari, di kantor Dinas Kominfo Jatim, Selasa (28/11/2023). Foto: Wahyu/JNR

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Purworejo mengunjungi kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Selasa (28/11/2023). 

Kepala Bidang Komunikasi Publik, Assyari, hadir mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin. 

"Kami menyampaikan terima kasih karena teman-teman dari Purworejo telah mempercayai Kominfo Jatim sebagai tempat untuk studi tiru," ujar Kabid Assyari mengawali laporannya. 

Kabid Assyari pun memaparkan beberapa hal. Mulai dari Information Community Hackathon (KIM Hackathon). "Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dan Komunitas Informasi Masyarakat atau KIM," terangnya. 

Selain itu, Ia menerangkan tentang Klinik Hoaks. Melalui Klinik Hoaks, masyarakat bisa mengecek kebenaran sebuah informasi.

"Ini kami kelola. Kami lakukan respons 1x24 jam sudah harus terjawab setiap ada pertanyaan yang masuk. Klinik Hoaks ini juga mendapatkan penghargaan," tuturnya. 

Di penghujung sambutannya, Kabid Assyari menyatakan harapan agar kegiatan ini menjadi wadah untuk kedua belah pihak saling belajar, saling bertukar ilmu, dan saling bertukar berpengalaman. 

"Kami tetap berharap ada masukan juga yang bisa kami terima dari Purworejo. Jika ada hal-hal yang bisa memperkaya kami, mohon juga diketuktularkan. Kami akan terus berusaha lebih baik dan lebih baik lagi untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat," jelasnya. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Purworejo, Yudhie Agung Prihatno menyampaikan terima kasih atas penerimaan Dinas Kominfo Jatim dalam kunjungan ini. 

"Terima kasih. Kami ingin ilmu yang kami dapatkan di sini bisa kami terapkan di sana. Kami juga membawa teman-teman wartawan untuk bisa menggali hubungan antara Kominfo dengan media dalam fungsi kehumasannya," katanya.

Dalam kesempatan ini, Subkoordinator Sumber Daya Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Jatim, Eko Setiawan menerangkan tentang fungsi kehumasan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kanal media yang dikelola Dinas Kominfo Jatim, hingga hubungan kerja sama antara Dinas Kominfo Jatim dengan wartawan di Jawa Timur. 

Selanjutnya, Pranata Humas Ahli Pertama, Dinas Kominfo Jatim, Siti Saadah Hafidz memaparkan tentang pengelolaan portal Informasi publik. Mulai dari produksi konten dalam bentuk artikel berita, news video, majalah, podcast, iklan layanan masyarakat, hingga flyer untuk media sosial.

Usai berdiskusi mengenai pengelolaan informasi dan komunikasi publik, rombongan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Purworejo juga mengunjungi Command Center, Studio Podcast, dan ruang kerja bidang Informasi Publik dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jatim. (idc/s)

#komunikasi publik #media sosial #Dinas Kominfo Jatim #informasi publik #Kabupaten Purworejo