Minggu, 16 Juni 2024

Kominfo Jatim Gelar Rapat Persiapan ADLG Award 2024

Diunggah pada : 14 Maret 2024 14:27:37 30
Rapat Persiapan ADLG Award 2024, di Lt. 3, Ruang Panderman, Dinas Kominfo Jatim, Kamis (14/3/2024). Foto : Maretta / JNR

Jatim Newsroom – Sudah menjadi agenda rutin, Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) tahun ini, kembali mengadakan ajang penghargaan bagi Sekretaris Daerah (Sekda) bernama ASKOMPSI Digital Leadership Government (ADLG) Award 2024. Mempersiapkan hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim) sebagai instansi yang mengampu transformasi digital pemerintah, menggelar rapat persiapan ADLG Award 2024, di Lt. 3, Ruang Panderman, kantor Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Kamis (14/3/2024). 

Rapat dipimpin oleh Ketua Tim Kemitraan Publik, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Jatim, Eko Setiawan, dengan diikuti pegawai ASN Kominfo Jatim dari bidang lain, seperti Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika), Bidang Data dan Statistik (Dastik), serta Bidang Persandian dan Keamanan Informasi. 

Saat ditemui usai memimpin rapat, Ia menyampaikan, penghargaan ADLG Award 2024 merupakan wujud apresiasi terhadap leadership atau kepemimpinan seorang Sekda berkinerja digital. Diungkapkannya, sejauh ini persiapan ADLG Award 2024 dalam tahap melengkapi syarat-syarat berdasarkan tim panitia penilai ADLG Award. 

“Penghargaan ini untuk Pak Sekda dan merupakan tingkat nasional. Untuk persiapan, sementara kita masih melihat apa saja yang harus dilengkapi karena berdasarkan arahan dari panitia memang ada beberapa item-item yang harus kita lengkapi, baik itu dokumen kebijakan, foto maupun dokumentasi lain. Yang kita lihat banyak, tentunya terkait digitalisasi yang dalam hal ini Kominfo Jatim floor business -nya lebih banyak di teman-teman Bidang Aptika, Bidang Dastik, serta Bidang persandian dan keamanan informasi. Jadi sebenarnya semua kerja bareng lah di seluruh bidang Kominfo untuk menyukseskan ini,” ungkap Eko. 

Lebih lanjut, Eko menerangkan, karena mengingat penghargaan ADLG Award ini tidak hanya menyangkut transformasi digital pemerintah pada Kominfo Jatim saja, maka perangkat daerah lain dalam lingkup Pemprov Jatim juga diharapkan mendukung dalam mengumpulkan dan melengkapi bukti-bukti dokumentasi lainnya. 

“Bukti-bukti dokumentasi tentu di dukung oleh teman-teman OPD lain sesuai dengan sektor masing-masing. Misalnya, ada sektor pendidikan, dan kesehatan, Nah, perangkat daerah yang menangani sektor itu nanti yang akan membantu. Sebenarnya memang leading sector- nya kan kita Kominfo yang menangani itu, seperti kebijakan mengenai digitalisasi SPBE dan seterusnya itu banyaknya di kita. Sedangkan perangkat daerah lain, berperannya pada penerapan implementasinya transformasi digital,” terangnya. 

Kendala dalam persiapan ADLG Award 2024 ini, kata Eko, yakni terletak pada waktu persiapan yang tidak banyak karena tenggat waktu persiapannya hanya sampai 30 April 2024. “Kalau kendala sih, kira-kira tidak banyak tadi dari teman-teman bidang sudah menginformasikan punya beberapa dokumen kebijakan. Cuma, Kita juga perlu push lagi dokumentasi kegiatan di bidang digitalisasi di waktu yang tersisa,” ujar Eko.

Eko mengatakan, saat ini tahapan ADLG Award 2024 masih sangat awal karena dalam proses pengumpulan dokumen persyaratan dan bukti dukung untuk masuk menjadi nominasi. “Nanti semua provinsi ikut, dari seluruh Indonesia di ambil sembilan besar, baru proses berikutnya viisitasi atau kunjungan dari tim penilai Kominfo pusat ke sini. Tahapannya, ini kita sangat awal, masih submit dulu bukti dukungnya, baru panitia pusat menilai. Kalau pun nanti baik hasilnya masuk sembilan besar, nanti mereka ke sini kunjungan setelah itu Sekda akan presentasi di depan tim penilai di Jakarta, baru nanti ditetapkan masuk kategori nominasi apa,” jelasnya. 

Dalam pelakasanaan persiapan ADLG Award 2024 ini, Eko menargetkan, supaya semua permintaan ataupun persyaratan yang diminta tim panitia akan dipenuhi.

“Kita semua berharap persiapan ini berjalan baik, artinya koordinasi antar bidang Kominfo maupun koordinasi dengan beberapa institusi lain di luar Kominfo lintas sektoral, juga bersedia atau berkenan bersama-sama kita melengkapi bukti fisik dan bukti dukungan,” harap Eko. (vin-glh/s) 

#Diskominfo Jatim #kominfo jatim #Dinas Kominfo Jatim #ADLG Awards #ASKOMPSI