Selasa, 17 September 2024

Pornas KORPRI 2023, Kadis Kominfo Jatim Beri Dukungan Cabor Catur

Diunggah pada : 15 Juli 2023 13:03:07 107
Tim Putri Jatim bertanding dengan pecatur Kemendagri di Cabor Catur PORNAS KORPRI 2023, Sabtu (15/7/2023) di Semarang. Foto: erni JNR

Jatim Newsroom - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov, Sherlita Ratna Dewi Agustin,  berkesempatan hadir memberikan support atau dukungan bagi kontingen Jatim untuk cabor catur di Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) KORPRI ke XVI di Semarang Jateng, Sabtu (15/7/2023).

"Saya, selaku pembina cabor catur Jatim bisa berkesempatan hadir dan memberikan semangat bagi atlet-atlet catur Jawa Timur yang saat ini sedang bertanding. Info dari manager cabor catur, Alhamdulillah kita berpeluang cukup besar," katanya.

Dikatakannya, kehadiran tim dari Kominfo Jatim untuk memberikan semangat optimisme dari pemain untuk berjuang lebih baik, memberikan yang terbaik bagi Jatim. "Bawa medali sebanyak mungkin seperti arahan Bu Gubernur Jawa Timur. Selamat berjuang, kami menunggu prestasi teman-teman semua," ujarnya.

Manager sekaligus pelatih kontingen cabor catur Jawa Timur, Yusuf Satriono, mengatakan, untuk kelompok putra, Jatim menurunkan 5 pecatur atau full tim. Sedangkan untuk putri Jatim hanya menurunkan 2 (dua) pecatur. 

"Alhamdulillah pada babak pertama ini bisa menang, tim putra menang 3-1 dari tim Kementrian Pertanian RI, dan tim Putri menang 2-1 dari tim Kementrian Dalam Negeri RI (Kemendagri). Memang tim putri hanya ada 2 pemain, sehingga yang satu memang kita berikan kemenangan bagi lawan," kata Yusuf.

Dikatakannya, dari kejuaraan ini yang dipertandingkan yaitu beregu putra-putri, perorangan putra-putri dan selanjutnya campuran atau mix, setelah semua kelas cabor catur dipertandingkan baik kelas standar maupun cepat. "Kami berkeyakinan untuk yang mix berpeluang baik, tapi kita tidak boleh terlalu sombong," ujarnya.

Sebagai informasi, tim Putri catur dari Jawa Timur yaitu atas nama Rahayu Sulistyorini yang sekaligus sebagai bendahara Percasi Jatim dan sebagai pengajar di Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan. Sementara satu lagi atas nama Hera Novitasari yang merupakan ASN dari Dinas pendidikan Kabupaten Jombang.

"Alhamdulillah dari beregu putri kita bisa meraih kemenangan. Seharusnya kita menurunkan tiga pecatur, tetapi karena kekurangan pemain jadi yang bertanding hanya berdua. Sementara dari lawan yang bertanding 3 orang. Dan Alhamdulillah diberikan kemudahan dan kemenangan meski lawan secara permainan merata," katanya.

Pemain Tim Jatim Catur Putra, Galang Rambu Anarki, mengatakan, lawan-kawan dari tim lainnya memang cukup berkemampuan lebih baik. "Dari permainan tadi cukup unik, lawan-lawannya punya sistem bertahan yang bagus, sehingga dari permainan tadi untuk meraih kemenangan cukup mengorbankan materi," katanya.

Galang mengaku sudah mengikuti Pornas KORPRI untuk kedua kali. Pertama di Bangka Belitung tahun 2019 dengan mampu meraih emas. "Sedangkan yang di Semarang ini harapannya lebih baik lagi, tidak hanya mendapat satu emas tapi lebih dari. Peluang permainan ini kekuatan lawan merata, namun kalau kita konsisten dan disiplin Insya Allah kita bisa meraih kemenangan," tuturnya.

Sebagai informasi, Pemain Putra terdiri dari :

1. Galang Rambu Anarkhi dari Sekretariat DPRD Kabupaten Lamongan

2. Khoirul Anam dari Dispora Kabupaten Probolinggo

3. Gatot Edi dari Kecamatan di Probolinggo

4. Supalyono dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Probolinggo

5. Ahmad Fadholi dari SMPN 22 Gresik

6. Sholehudin dari Satpol PP Kota Pasuruan

 

Pemain Putri terdiri dari :

1. Hera Novitasari dari SD Kepanjen Jombang

2. Rahayu Sulistyorini dari SD Pasuruan.

Hasil pertandingan Babak 1: Tim beregu Putra Menang 3:1 atas Kementerian Pertanian, dan Tim beregu Putri menang 2:1 atas Kementerian Dalam Negeri. Seluruh pemain akan menjalani 7 Babak Pertandingan dengan format yang sama.(ern/s)

#Kepala Dinas Kominfo