Jumat, 3 Mei 2024

Kominfo Jatim Apresiasi Kegiatan Google I/O Extended Cloud Surabaya

Diunggah pada : 12 Agustus 2023 20:44:38 104
Kadis Komnfo Jatim, Sherlita dan rektor Untag Surabaya saat mengahadiri kegiatan Google I/O Extended Cloud Surabaya. (Ghufron)

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin, mengapresiasi kegiatan Google I/O Extended Cloud Surabaya yang digelar oleh Google bekerjasama dengan Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya.

Dikatakannya, kegiatan yang diadakan Google ini sangat dibutuhkan anak muda di Jatim terutama dalam mencari informasi terbaru dari seluruh dunia. Meskipun para pemuda bisa lebih canggih untuk mencari informasi sendiri, namun dengan ada kegiatan ini para pemuda bisa mendapatkan informasi yang lebih dari google.

“Maka itu kami berharap google bisa berkolaborasi dengan lebih banyak perguruan tinggi dan juga di kalangan siswa SMA/SMK di Jatim,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sherlita juga menyampaikan, bahwa terkait perkembangan google extende cloud, Kominfo Jatim sudah  menyediakan pusat data center. Di dalam data center ada 68 OPD di lingkungan Pemprov Jatim, serta ada beberapa pemerintah kabupaten/kota. Bahkan, ada juga Provinsi Sulawesi tenggara datang ke kominfo Jatim untuk mereplika data center untuk dikerjasamakan.

“Di misi dagang yang dilakukan Gubernur Jatim ke provinsi di Indonesia selalu Kominfo Jatim melakukan kerjasama atau MoU di bidang teknolgi informasi. Dan salah satu program Kominfo Jatim yaitu Kliniks Hoaks,”katanya.

Ia juga menyampaikan, di Kominfo Jatim juga ada tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) dimana tugasnya menangkal dan menjaga keamanan internet milik pemerintah provinsi Jatim. Hingga saat ini, serangan  terhadap data center tercatat berjumlah 606.768 serangan.

Tim CSIRT ini bekerjanya 24 jam untuk memantau keamanan siber di pemerintah provinsi Jatim. Dinas Kominfo Jatim telah menerbitkan 90 surat peringatan atau notifikasi kepada OPD yang disinyalir atau terbukti mendapatkan serangan dan gangguan terhadap website-nya,”katanya.

Maka itu pihaknya berharap, kepada peserta Google Cloud Surabaya bisa benar – benar memanfaatkan moment sosialisasi dari google ini. “Nara sumbernya juga yang didatangkan bagus. Kami harap peserta bisa mengikuti kegiatan ini hingga selesai,”pintanya.

Rektor Untag, Prof. Dr. Mulyanto, menyampaikan terima kasih kepada google, dan Dinas Kominfo Jatim yang telah menjadikan Untag sebagai penyelengaraan kegiatan Google Extended Cloud Surabaya.

“Kami siap apabila menjadi tuan rumah lagi, atau dari Dinas Kominfo Jatim menyelenggarakan kegiatan di bidang teknologi informasi. Saat ini  di Kampus untag juga ada prodi atau jurusan baru, yaitu Sistem Teknologi (Sistek),” katanya. (Pca/s)

 

#Kepala Dinas Kominfo #Diskominfo Jatim #sherlita