Minggu, 19 Mei 2024

Ponorogo Raih Swasti Saba 2023

Diunggah pada : 30 November 2023 12:56:53 27

Jatim Newsroom - Bersaing dengan 514 kabupaten dan kota di Indonesia dalam penyelenggaraan sembilan tatanan sehat membutuhkan upaya ekstra. Ponorogo berhasil meraih penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Swasti Saba 2023 Kategori Wiwerda. Ajang penghargaan bergengsi setiap dua tahun sekali itu atas inisiasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri.

Malam penganugerahan Swasti Saba 2023 berlangsung di Grand Ballroom Kempinski Hotel Jakarta, pada Selasa (28/11/2023). Kepala Bappeda Litbang Ponorogo, Agus Sugiarto, mengatakan, raihan anugerah KKS Swasti Saba adalah prestasi yang membanggakan. “Menandakan sebuah daerah yang bersih, aman, nyaman, serta sehat untuk dihuni,” katanya. 

Memenangi KKS Swasti Saba juga melewati serangkaian penilaian yang panjang. Tim verifikator bentukan Kemenkes dan Kemendagri menelaah kelengkapan dokumen berikut pemantauan langsung ke lapangan. Sembilan domain yang masuk tatanan sehat meliputi kehidupan masyarakat sehat mandiri; permukiman dan rumah ibadah; pasar tradisional; satuan pendidikan, serta pariwisata.

Selain itu, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas di jalan; perkantoran dan industri; perlindungan sosial; serta pencegahan dan penanganan bencana; turut menjadi domain penilaian. “Mewujudkan tatanan sehat hampir di semua sisi kehidupan perlu peran serta masyarakat dan melibatkan sejumlah pihak terkait,” terang Ugin —sapaan Agus Sugiarto. 

Menurut dia, perlu upaya bersama untuk mempertahankan sembilan tatanan sehingga sebuah kabupaten masuk kategori sehat. Bahkan, meningkatkannya agar Ponorogo meraih Swasti Saba Wistara, kasta tertinggi penghargaan Kabupaten/Kota Sehat. “Pembangunan Ponorogo yang hebat mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” jelasnya. 

Pemerintah  pusat memberikan penghargaan Swasti Saba kepada 136 daerah. Ada 27 kabupaten/kota mendapatkan kategori Swasti Saba Wistara, 34 kabupaten/kota meraih kategori Swasti Saba Wiwerda, dan 75 kabupaten/kota memperoleh kategori Swasti Saba Padapa. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo