Senin, 15 Juli 2024

Panitia Pemilihan Kecamatan di Pilkada Ponorogo Didominasi Incumbent

Diunggah pada : 16 Mei 2024 15:57:29 105
Panitia Pemilihan Kecamatan di Pilkada Ponorogo Didominasi Incumbent

Jatim Newsroom - Wajah-wajah lama mendominasi 105 anggota panitia pemilihan  kecamatan (PPK) di Ponorogo. Mereka akan bertugas dalam gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo.

"Sekitar 70 persen anggota PPK ini adalah wajah-wajah lama yang pernah bertugas dalam pemilu legislatif dan pemilihan presiden beberapa waktu lalu," kata Ketua KPU Ponorogo Munajat saat melantik 105 anggota PPK itu di Tambak Kemangi Resort, Kamis (16/5/2024). 

Munajat sempat menyebut mayoritas anggota PPK tersebut sebagai incumbent yang sudah berpengalaman  dalam pelaksanaan pemilihan umum. Tugas sudah menanti selama masa tugas delapan bulan ke depan. "Setelah pelantikan segera koordinasi dengan stakeholder di kecamatan masing-masing. Yang paling mendesak adalah pembentukan sekretariat, membantu tugas KPU, dan seleksi PPS, jelasnya.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko yang hadir dalam pelantikan tersebut berpesan agar PPK yang di setiap kecamatan beranggotakan lima orang membantu penuh tugas KPU. Anggota PPK juga harus bersikap netral. “Ingat, tugas kalian berat. Kaki kanan di surga, kaki kiri di neraka. Tidak ada teman atau pun lawan, semuanya sama,” terang Kang Bupati --sapaan Bupati Sugiri Sancoko. 

Pelantikan 105 anggota PPK itu mendasar Surat Keputusan Ketua KPU Kabupaten Ponorogo  Nomor 735 Tahun 2024 tentang Penetapan Anggota PPK dalam Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo Tahun 2024. Mereka bertugas melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pilkada di tingkat kecamatan. Turut hadir dalam pelantikan anggota PPK itu, di antaranya, ketua Bawaslu Ponorogo, perwakilan  Forkopimda, dan para camat. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo