Sabtu, 4 Mei 2024

PM Distra UPT RSBN Malang Salurkan Hak Pilih

Diunggah pada : 16 Februari 2024 7:47:56 12

Jatim Newsroom-Penerima Manfaat Disabilitas Netra (PM Distra) Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial Jawa Timur (Dinsos Jatim) antusias dengan gelaran Pemilu 2024. Mereka berangkat menuju TPS untuk bisa menyalurkan hak pilihnya, dibantu oleh pendamping Jatim Sosial Care (JSC) Dinsos Jatim.

Ka.UPT RSBN Malang Firdaus Sulistijawan S.Sos MPSSp. mengapresiasi antusias para PM dalam menyalurkan Hak pilihnya. "Mereka walau penyandang disabilitas tapi mereka sangat semangat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya," kata Firdaus, Jumat (16/2/2024).

Para pemilih disabilitas netra itu mendapat pendampingan dari pendamping JSC menuju tempat pemungutan suara tersebut. Meski demikian, para penyandang disabilitas netra itu bisa memilih pendamping secara mandiri ketika menggunakan hak pilih mereka.

"Kesadaran pentingnya partisipasi peran masyarakat dan keluarga difabel untuk tidak merasa malu ketika membantu para difabel memberikan akses berkaitan pemilu,mengoptimalkan para difabel terdaftar dalam daftar pemilih,tersedia aksesibilitas sarana dan prasarana bagi para difabel untuk memastikan tidak terdapat masalah mobilitas gerak ketika menggunakan hak pilihnya," Imbaunya

Sementara itu, salah satu PM Distra Nur Afiah mengatakan, momentum pemilu sangat ia tunggu sebab ia bisa memilih wakilnya untuk menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan. "Kami penyandang disabilitas netra hari ini kami sangat bahagia bahwa kami bisa diikutsertakan dalam pesta demokrasi ini. Kami pun bisa ikut menentukan pemimpin-pemimpin bangsa untuk lima tahun yang akan datang," ujarnya.

Ia berharap, agar pemilu mendatang dapat menyediakan surat suara dengan huruf braille di permukaannya sehingga semakin memudahkan ketika mencoblos di bilik suara.(her/hjr)

#dinsos jatim